Sajidah, Hana (2024) EFEKTIVITAS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) DENGAN MEDIA PAPAN BINGO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ZAT DAN PERUBAHANNYA KELAS VII MTs AL-HIKMAH DEMAK TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
Skripe Hana Sajidah.pdf Download (8MB) |
|
Text
Skripe Hana Sajidah.pdf Download (8MB) |
|
Text
Skripe Hana Sajidah.pdf Download (8MB) |
|
Text
Skripe Hana Sajidah.pdf Download (8MB) |
Abstract
Sajidah, Hana. 2024. Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) dengan Media Papan Bingo terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Zat dan Perubahannya Kelas VII MTs Al-Hikmah Demak Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi: Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Khusna Widhyahrini, S.Pd., M.Si. Kata Kunci: Efektivitas, Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT), Media Papan Bingo, Hasil Belajar, Zat dan Perubahannya Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui keterlaksanaan model TGT dengan media papan bingo, (2) Mengetahui efektivitas penerapan model TGT dengan media papan bingo terhadap hasil belajar siswa pada materi zat dan perubahannya kelas VII MTs Al-Hikmah Demak tahun pelajaran 2024/2025. Jenis penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu, penelitian kuantitatif dengan metode true eksperimen. Pretest-Posttest Control Group Design merupakan desain pada penelitian ini. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa MTs Al-Hikmah Demak Kelas VII dengan jumlah 3 kelas dan diambil sampel menggunakan teknik cluster random sampling, sehingga didapatkan kelas VII A berjumlah 23 siswa sebagai kelompok eksperimen dan kelas VII B berjumlah 24 siswa sebagai kelompok kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu soal tes (pretest dan posttest), angket respon siswa, dan lembar observasi keterlaksanaan. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Aktivitas guru dalam keterlaksanaan penerapan model TGT dengan media papan bingo dilaksanakan sesuai dengan sintaks, dengan persentase 90,5%, (2) Hasil pengukuran hasil belajar dengan tes pada kelas eksperimen lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol yaitu 88,74 > 80,75. Hasil uji independent sample t-test, diperoleh nilai thitung 2,754 > ttabel 1,714 dengan nilai signifikansi sebesar 0,008 < 0,05, sehingga dapat dinyatakan bahwa H1 diterima dan H0 ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa, pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran TGT dengan media papan bingo efektif terhadap hasil belajar siswa kelas VII MTs Al-Hikmah Demak Tahun Pelajaran 2024/2025.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 06 Nov 2024 17:49 |
Last Modified: | 06 Nov 2024 17:49 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22599 |
Actions (login required)
View Item |