PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PAPAN MATH-CREAM TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PADA SISWA KELAS I SD ISLAM AR-RAHMAH SURUH TAHUN AJARAN 2024/2025

Khoirunnisa', Zahro (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PAPAN MATH-CREAM TERHADAP KEMAMPUAN BERHITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN PADA SISWA KELAS I SD ISLAM AR-RAHMAH SURUH TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi Zahro 2024 Final.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Skripsi Zahro 2024 Final.pdf

Download (6MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan media papan math-cream terhadap kemampuan berhitung penjumlahan dan pengurangan pada siswa kelas I SD Islam Ar-Rahmah Suruh Tahun Ajaran 2024/2025. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif eksperimen, dengan desain penelitian Quasi Eksperimental, model Nonequivalent Control Group Design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media papan math-cream memiliki pengaruh terhadap kemampuan berhitung penjumlahan dan pengurangan pada siswa kelas I SD Islam Ar-Rahmah Tahun Ajaran 2024/2025. Hasil uji independent sample t-test dengan nilai signifikasi 0,05 didapatkan nilai Sig(2-tailed) yaitu 0,000 yang dimana nilai ini lebih kecil dari 0,05. Dengan df = (50-2) = 48 dan diperoleh t tabel sebesar 2,011, dan t hitung = 6,507, atau 6,507 > 2,011. yang berarti Ha siterima. Kemudian dalam uji n-gain, untuk mengetahui seberapa efektifitas penggunaan media ini, didapatkan hasil sebesar 56,7041 atau 56,7% yang termasuk dalam rentang katerogi 56%-75% dengan klasifikasi cukup efektif. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media ini, maka dilakukanlah uji regresi linear sederhana, dengan nilai signifikasinya < 0,05 dan didapatkan hasil sebesar 0,000 dimana nilai ini lebih kecil dari 0,05.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 07 Nov 2024 19:32
Last Modified: 07 Nov 2024 19:32
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22655

Actions (login required)

View Item View Item