Susanto, Joko (2024) PENGARUH DUKUNGAN SOSIAL DAN KETERAMPILAN SOSIAL TERHADAP KEMATANGAN EMOSI PADA REMAJA DI PANTI PELAYANAN SOSIAL ANAK (PPSA) WORO WILOSO SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
SKRIP JOKO SUSANTO 43040200040.pdf Download (5MB) |
|
Text
SKRIP JOKO SUSANTO 43040200040.pdf Download (5MB) |
|
Text
SKRIP JOKO SUSANTO 43040200040.pdf Download (5MB) |
|
Text
SKRIP JOKO SUSANTO 43040200040.pdf Download (5MB) |
|
Text
SKRIP JOKO SUSANTO 43040200040.pdf Download (5MB) |
Abstract
Susanto, Joko. 2024. Pengaruh Dukungan Sosial dan Keterampilan Sosial Terhadap Kematangan Emosi Pada Remaja di PPSA Woro Wiloso Salatiga. Skripsi, Salatiga: Program Studi Psikologi Islam Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Widayati Lestari, M. Psi. Kata Kunci: Dukungan Sosial, Keterampilan Sosial, Kematangan Emosi, Remaja Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui apakah dukungan sosial yang diterima memengaruhi kematangan emosi pada remaja di PPSA Woro Wiloso, (2) Mengetahui apakah keterampilan sosial memengaruhi kematangan emosi pada remaja di PPSA Woro Wiloso, (3)Mengetahui apakah dukungan sosial dan keterampilan sosial memengaruhi kematangan emosi pada remaja di PPSA Woro Wiloso. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan teknik analisis regresi linear berganda. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan kuisoner. Skala yang digunakan yaitu Skala Dukungan Sosial, Skala Keterampilan Sosial, dan Skala Kematangan Emosi. Populasi dalam penelitian ini adalah remaja yang berada di panti pelayanan sosial anak woro wiloso berjumlah 115 orang dan jumlah sampel seanyak 54 remaja dengan menggunakan rumus slovin dengan batas toleransi kesalahan sebesar 10%. untuk teknik pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Hasil uji analisis data menunjukkan bahwa: (1) hasil uji T, nilai T hitung sebesar 3,834 lebih besar dari nilai T tabel (2,008), dan nilai signifikansi 0,00 lebih kecil dari 0,05. Ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan antara dukungan sosial terhadap kematangan emosi remaja. (2) hasil uji T, nilai T hitung sebesar 20,805 lebih besar dari nilai T tabel (2,008), dan nilai signifikansi 0,00 lebih kecil dari 0,05. Ini menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, artinya ada pengaruh yang signifikan antara keterampilan sosial terhadap kematangan emosi remaja. (3) Hasil uji F menunjukkan nilai F hitung sebesar 574,590 lebih besar dari F tabel (3,18) dengan nilai signifikansi 0,00, yang artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Ini membuktikan bahwa secara simultan, dukungan sosial dan keterampilan sosial berpengaruh secara signifikan terhadap kematangan emosi. Hasil uji koefisien determinasi juga mendukung hal ini, di mana nilai R Square sebesar 0,958 menunjukkan bahwa kedua variabel independen tersebut mempengaruhi 95,8% dari variabilitas kematangan emosi remaja. Sisa 4,2% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti. Ini berarti bahwa dukungan sosial dan keterampilan sosial secara bersama-sama memberikan kontribusi yang sangat besar terhadap kematangan emosi remaja.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Terapan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 08 Nov 2024 03:40 |
Last Modified: | 08 Nov 2024 03:40 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22675 |
Actions (login required)
View Item |