Pengembangan Media Pembelajaran Game Intraktif Ular Tangga Matematika Pada Materi Pecahan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik

Riswati, Hajjah (2024) Pengembangan Media Pembelajaran Game Intraktif Ular Tangga Matematika Pada Materi Pecahan Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
HAJJAH RISWATI 12020200050.pdf

Download (1MB)
[img] Text
HAJJAH RISWATI 12020200050.pdf

Download (1MB)
[img] Text
HAJJAH RISWATI 12020200050.pdf

Download (1MB)
[img] Text
HAJJAH RISWATI 12020200050.pdf

Download (1MB)
[img] Text
HAJJAH RISWATI 12020200050.pdf

Download (1MB)
[img] Text
HAJJAH RISWATI 12020200050.pdf

Download (1MB)
[img] Text
HAJJAH RISWATI 12020200050.pdf

Download (1MB)
[img] Text
HAJJAH RISWATI 12020200050.pdf

Download (1MB)
[img] Text
HAJJAH RISWATI 12020200050.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK Riswati, Hajjah. 2024. Pengembangan Media Pembelajaran Game Interaktif Ular Tangga Matematika pada Materi Pecahan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Tesis. Program Studi Magister Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Pascasarjana UIN Salatiga. Dosen Pembimbing Prof. Dr. Winarno, S.Si., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan hasil analisis kebutuhan mMedia pembelajaran game interaktif ular tangga matematika pada materi pecahan; mengembangkan media pembelajaran game interaktif ular tangga matematika materi pecahan; menganalisis kelayakan media pembelajaran game interaktif ular tangga matematika materi pecahan; dan menguji efektivitas media pembelajaran game interaktif ular tangga matematika materi pecahan terhadap hasil belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research development) dengan prosedur ADDIE yang dikembangkan oleh Dick and Carry. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas kelas III di MI Al Islam Madugondo Kabupaten Magelang. Teknik pengambilan data dengan bentuk sample bertujuan dengan desain one group pretest-posttest. Teknik pengambilan data dengan menggunakan tes, angket dan dokumentasi. Teknik analisis menggunakan deskriptif statistik, uji prasayat analisis dan uji hipotesis. Pengujian hipotesis penelitian menggunakan uji T. Hasil penelitian yang telah dianalisis, peneliti dapat memberikan kesimpulan sebagai berikut: 1) Guru sangat membutuhkan Media pembelajaran game interaktif ular tangga matematika pada materi pecahan. Media pembelajaran game interaktif ular tangga matematika pada materi pecahan dalam mengajarkan konsep – konsep pada materi pecahan dengan lebih mudah, interaktif serta menarik bagi peserta didik 2) Media pembelajaran game interaktif ular tangga matematika merupakan media pembelajaran yang memuat materi pecahan dengan fitur menarik seperti game multiplyaer, media dapat dijalankan pada sistem komputer. 3) Media pembelajaran game interaktif ular tangga matematika pada materi pecahan memperoleh penilaian pada kategori “sangat baik” oleh ahli media, ahli materi dan praktisi. Media pembelajaran game interaktif ular tangga matematika pada materi pecahan dikategorikan “sangat layak” sebagai media pembelajaran berdasarkan hasil uji coba produk. 4) Media pembelajaran game interaktif ular tangga matematika pada materi pecahan efektif untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hal tersebut didasari dari uji T dengan hasil 0,000 < 0,05 dan nilai thiung = -8,883 < ttabel = -1,711 pada MI Al Islam Madugondo Kabupaten Magelang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 08 Nov 2024 19:59
Last Modified: 08 Nov 2024 19:59
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22717

Actions (login required)

View Item View Item