PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DAN MEDIA BUKU POP-UP TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS I MADRASAH IBTIDAIYAH TAHUN 2024

Kholifah, Zulfia (2024) PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK DAN MEDIA BUKU POP-UP TERHADAP KETERAMPILAN BERBICARA SISWA KELAS I MADRASAH IBTIDAIYAH TAHUN 2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
ZULFIA KHOLIFAH (12020200019).pdf

Download (1MB)
[img] Text
ZULFIA KHOLIFAH (12020200019).pdf

Download (1MB)
[img] Text
ZULFIA KHOLIFAH (12020200019).pdf

Download (1MB)
[img] Text
ZULFIA KHOLIFAH (12020200019).pdf

Download (1MB)
[img] Text
ZULFIA KHOLIFAH (12020200019).pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK, Zulfia Kholifah, Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Proyek dan Media Buku Pop-Up terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas I Madrasah Ibtidaiyah Tahun 2024. Salatiga: Pascasarjana Universitas Islam Negeri Salatiga, 2024. Kata Kunci: Model Pembelajaran Berbasis Proyek, Media Buku Pop-Up, Keterampilan Berbicara, Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Tahapan perkembangan siswa yang penting ditekankan yaitu keterampilan berbicara karena berperan besar saat berkomunikasi. Salah satu madrasah di Kabupaten Temanggung yaitu MI Muhammadiyah Danurejo memiliki kelebihan yang menarik karena berupaya untuk lebih mengenalkan kepada siswa pola komunikasi yang baik dalam kehidupan sehari-hari. Adapun guru juga perlu menerapkan model pembelajaran berbasis proyek dan media buku pop-up untuk meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab pertanyaan bagaimana efektivitas penggunaan model pembelajaran berbasis proyek dan media buku pop-up terhadap keterampilan berbicara siswa, bagaimana penggunaan model pembelajaran berbasis proyek dan media buku pop-up terhadap keterampilan berbicara siswa, dan bagaimana keterampilan berbicara siswa melalui penggunaan model pembelajaran berbasis proyek dan media buku pop-up. Penelitian ini termasuk jenis penelitian mix methods. Adapun desain eksperimen yang digunakan adalah one group pretest posttest. Subjek penelitian adalah siswa kelas I MI Muhammadiyah Danurejo Kecamatan Kedu Kabupaten Temanggung. Instrumen penelitian menggunakan tes (pretest dan posttest). Data dianalisis menggunakan uji statistik kesamaan rata-rata paired sample t-test dengan menguji data berdistribusi normal dan homogen, kemudian dilakukan uji ¬N-Gain untuk mengetahui efektivitasnya. Hasil uji analisis data menyatakan bahwa model pembelajaran berbasis proyek dan media buku pop-up efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil Uji Gain Ternormalisasi (N-Gain) dengan nilai N-Gain sebesar 0,79 > 0,7 sehingga dapat dikategorikan bahwa nilai N-Gain tersebut tergolong tinggi. Adapun penggunaan model pembelajaran berbasis proyek dan media buku pop-up dilaksanakan secara berkesinambungan dengan mengajak siswa untuk membuat suatu proyek yang ada dalam cerita buku pop-up. Keterampilan berbicara siswa juga semakin berkembang dengan diterapkannya model pembelajaran dan media tersebut.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 08 Nov 2024 20:01
Last Modified: 08 Nov 2024 20:01
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22718

Actions (login required)

View Item View Item