PENGARUH, SHARIA BANK MARKET SHARE, EFISIENSI, DAN UKURAN BANK TERHADAP PROFITABILITAS DENGAN INFLASI SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Maulida, Shinta (2024) PENGARUH, SHARIA BANK MARKET SHARE, EFISIENSI, DAN UKURAN BANK TERHADAP PROFITABILITAS DENGAN INFLASI SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI FULL BAB SHINTA MAULIDA FINAL.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SKRIPSI FULL BAB SHINTA MAULIDA FINAL.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Maulida, Shinta. 2024. Pengaruh Sharia Bank Market Share, Efisiensi, dan Ukuran Bank terhadap Profitabilitas dengan Inflasi sebagai Variabel Moderasi pada Bank Umum Syariah di Indonesia. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi S1 Perbankan Syariah UIN Salatiga. Dosen Pembimbing Heri Kurniawan M.E. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh sharia bank market share, efisiensi, dan ukuran bank terhadap profitabilitas dengan inflasi sebagai variabel moderasi pada Bank Umum Syariah di Indonesia periode 2020-2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Jenis data yang digunakan adalah data panel. Metode pengumpulan data dilakukan dengan mengakses laporan keuangan triwulan yang dipublikasi di website Perbankan syariah masingmasing. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 14 bank umum syariah yang terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan pengambilan sampel menggunakan teknik pourposive sampling dimana sampel diambil dengan ketentuan tertentu hingga terpilih 7 bank syariah dengan periode penelitian (2020-2023) sampel yang terpilih pada penelitian ini. Data yang diperoleh kemudian diolah dengan alat analisis Eviews. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini meliputi uji statistika deskriptif, uji stasioneritas, uji model, uji asumsi klasik, uji koefisien determinasi, uji T, uji F, uji moderate regression analiysis. Menggunakan software pengolahan data Eviwes. Hasil penelitian menunjukan sharia bank market share berpengaruh positif tidak signifikan terhadap profitabilitas. Efisiensi (BOPO) berpengaruh negatif signifikan terhadap profitabilitas. Ukuran bank berpengaruh negatif tidak signifikan. Hasil dari uji Moderated Regression Analiysis variabel Inflasi tidak dapat memoderasi hubungan sharia bank market share, efisiensi, dan ukuran bank terhadap profitabilitas. Kata Kunci: market share, BOPO, ukuran bank, inflasi, profitabilitas

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Manajemen dan Ekonomi Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 08 Nov 2024 21:27
Last Modified: 08 Nov 2024 21:27
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22733

Actions (login required)

View Item View Item