Pengaruh Pola asuh Otoriter terhadap Kecerdasan Emosional pada Siswa SMA Negeri 4 Tebing Tinggi Sumatera Utara

Azrilla, Yolanda (2024) Pengaruh Pola asuh Otoriter terhadap Kecerdasan Emosional pada Siswa SMA Negeri 4 Tebing Tinggi Sumatera Utara. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
CETAK SKRIPSI YOLA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
CETAK SKRIPSI YOLA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
CETAK SKRIPSI YOLA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
CETAK SKRIPSI YOLA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Azrilla, Yolanda. Pengaruh Pola Asuh Otoriter terhadap Kecerdasan Emosional pada Siswa SMA Negeri 4 Tebing Tinggi Sumatera Utara. Skripsi, Salatiga: Program Studi Psikologi Islam, Fakultas Dakwah, Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Reza Ahmadiansah, M.Si. Kata Kunci: pola asuh otoriter, kecerdasan emosional Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui bagaimana tingkat penerapan pola asuh otoriter pada siswa SMA Negeri 4 Tebing Tinggi. (2) Untuk mengetahui bagaimana tingkat kecerdasan emosional pada siswa SMA Negeri 4 Tebing Tinggi. (3) Untuk mengetahui pengaruh pola asuh otoriter terhadap kecerdasan emosional pada siswa SMA Negeri 4 Tebing Tinggi. Jenis peneltian ini adalah penelitian kuantitatif kausalitas. Populasi penelitian ini berjumlah 1009 dan sampel yang digunakan sebanyak 286 orang. Teknik sampling yang digunakan adalah probability sampling dengan cara klaster atau cluster random sampling. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif, uji asumsi klasik dan uji hipotesis. Pengumpulan dari data ini dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada para siswa SMA Negeri 4 Tebing Tinggi yang dilakukan melalui penyebaran googleform kepada responden. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Variansi penerapan pola asuh otoriter pada siswa SMA Negeri 4 Tebing Tinggi termasuk ke dalam kategori sedang yaitu sebesar 69% dengan jumlah 198 orang. (2) Variansi kecerdasan emosional pada siswa SMA Negeri 4 Tebing Tinggi termasuk ke dalam kategori sedang yaitu sebesar 71% dengan jumlah 204 orang. (3) Pola asuh otoriter mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kecerdasan emosional dengan signifikansi (0,000) < α (0,05). Koefisian determinasi dari pola asuh otoriter menunjukkan angka sebesar 0,045 yang artinya pola asuh otoriter berpengaruh terhadap kecerdasan emosional sebesar 4,5% sementara untuk nilai 95,5% sendiri dihasilkan berdasarkan variabel-variabel lain di luar penelitian ini.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Terapan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 09 Nov 2024 00:04
Last Modified: 09 Nov 2024 00:04
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22745

Actions (login required)

View Item View Item