Efektifitas Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Behavior Menggunakan Terapi Muhasabah Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Kelas X Ma Al- Wakhidiyah Rimbu Lor Karangawen Demak

amalinda, puja (2024) Efektifitas Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Behavior Menggunakan Terapi Muhasabah Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Kelas X Ma Al- Wakhidiyah Rimbu Lor Karangawen Demak. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi Puja Amalinda.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Skripsi Puja Amalinda.pdf

Download (3MB)

Abstract

Amalinda, Puja. 2024. Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Behavior Menggunakan Terapi Muhasabah Untuk Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Kelas X Ma Al – Wakhidiyah Rimbu Lor Karangawen Demak. Skripsi, Salatiga: Prodi Bimbingan Dan Konseling Pendidikan Islam Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Sya’ban Maghfur, M.Pd.I Kata Kunci : Konseling Kelompok, Pendekatan Behavior, Terapi Muhasabah, Kedisiplinan Siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kedisiplinan siswa sebelum dan sesudah diberi layanan konseling kelompok pendekatan behavior menggunakan terapi muhasabah untuk meningkatkan kedisiplinan pada siswa kelas X Ma Al-Wakhidiyah Rimbu Lor Karangaen Demak. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode Pre- Eksperimental dengan One Group Pretest-Posttest Design. Subjek yang diteliti yaitu siswa kelas X Ma Al-Wakhidiyah Rimbu Lor Karangawen Demak, dengan populasi sebanyak 17 siswa. Tehnik dalam pengambilan sampel menggunakan tehnik purposive sampling yakni siswa yang memiliki kategori rendah terhadap kedisiplinan. Sampel yang diteliti berjumlah 8 siswa yang memiliki tingkat kedisiplinan rendah. Pengambilan data menggunakan skala psikologis yang mengadaptasi dari saudari Ida Rahmawati (Universitas Islam Negeri Salatiga Tahun 2023) jumlah skala psikologi berjumlah 48 butir pertanyaan serta 18 butir pertanyaan dinyatakan tidak valid, sedangkan analisis data dilakukan dengan menggunakan statistic deskriptif dan uji paired sampel t-test. Berdasarkan hasil uji hipotesis dengan statistic deskriptif menunjukkan nilai pre-test 71.125 dan post-test 101.250. Sedangkan hasil dari uji paired sampel t-test, diperoleh nilai t 4.980 yang menunjukkan nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,02 < 0,05, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Maka dengan demikian hasil tersebut menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara skor pretest dan posttest yang artinya konseling kelompok dengan pendekatan behavior menggunakan terapi muhasabah efektif untuk meningkatkan kedisiplinan siswa.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 10 Nov 2024 07:01
Last Modified: 10 Nov 2024 07:01
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22765

Actions (login required)

View Item View Item