Satuyaro, Istrika Anis (2024) PERAN GURU KELAS DALAM MENINGKATKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA DI SD N 01 DUKUH SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
Istrika Anis Satuyaro 23040200061 (1).pdf Download (3MB) |
|
Text
Istrika Anis Satuyaro 23040200061 (1).pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Satuyaro, Istrika Anis (2024). Peran Guru Dalam Meningkatkan Karakter Disiplin Siswa Di SD N 01 Dukuh Salatiga Tahun Ajaran 2023/2024. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Jurusan Guru Kelas Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing Muhammad Arif Al Fikri, M. Pd. Kata kunci: peran guru, karakter disiplin Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) peran guru kelas dalam meningkatkan karakter disiplin siswa 2) faktor pendukung yang mempengaruhi guru kelas dalam meningkatkan karakter disiplin siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Data yang dikumpulkan mencakup wawancara, observasi, dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah kepala sekolah, Guru Kelas 1, guru kelas 2 dan guru kelas 6 serta siswa kelas 1, siswa kelas 2 dan siswa kelas 6. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik agar mendapatkan data yang valid. Dari hasil penelitian, peneliti memperoleh data peran guru kelas dalam meningkatkan karakter disiplin siswa yaitu peran guru sebagai pendidik, pengajar, pembimbing, teladan dan motivator. Peran guru sebagai pendidik di SD N 01 Dukuh Salatiga dilaksanakan oleh guru kelas dengan cara memberi tahu siswa dan memberi perintah yang harus dilaksanakan oleh siswa terkait kedisiplinan. Peran guru sebagai pengajar di SD N 01 Dukuh Salatiga dilaksanakan oleh guru kelas dengan cara mengajarkan arti disiplin sejak awal kepada siswa dan juga guru kelas mengawasi serta membantu perkembangan siswa yang sedang berkembang dalam menerapkan kedisiplinan. Peran guru sebagai pembimbing di SD N 01 Dukuh Salatiga dilaksanakan oleh guru kelas dengan cara guru kelas memposisikan diri sebagai orangtua dan teman siswa ketika membimbing karakter kedisiplinan siswa, serta guru kelas membimbing kedisplinan siswa dengan penegasan berulang, pembiasaan berulang dan juga konsultasi jika terdapat siswa yang masih memerlukan bimbingan lebih mengenai karakter disiplin. Peran guru sebagai teladan di SD N 01 Dukuh Salatiga dilaksanakan dengan cara guru kelas membeikan contoh atau teladan positif bagi siswa dengan tujuan agar siswa dapat meniru dan menerapkannya dikehidupan sehari-hari. Peran guru sebagai motivator di SD N 01 Dukuh Salatiga dilaksanakan dengan cara memberi motivasi, memberi nasihat serta dorongan semangat kepada siswa, yang mana hal tersebut berdampak positif dengan siswa menjadi lebih taat aturan, menjaga sikap kedisiplinannya dan semangat mengikuti berbagai kegiatan di sekolah.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 12 Nov 2024 03:11 |
Last Modified: | 12 Nov 2024 03:11 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22863 |
Actions (login required)
View Item |