NILAI-NILAI KEDISIPLINAN DALAM NOVEL ANAK SEJUTA BINTANG

Haniah, Siti (2015) NILAI-NILAI KEDISIPLINAN DALAM NOVEL ANAK SEJUTA BINTANG. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Siti Haniah_11111117.pdf

Download (3MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Fakta di masyarakat tampaknya belum menunjukkan kalau disiplin sebagai budaya. Budaya yang justru berkembang adalah budaya melanggar aturan. Masih banyak disekolah-sekolah bahwa peserta didik yang tidak disiplin. Novel Anak Sejuta Bintang ini merupakan salah satu cara penyampaian penanamam nilai -nilai kedisiplinan sejak dini kepada anak-anak. Kedisiplinan itulah kiranya yang dapat menerangkan resep keberhasilan dari Aburizal Bakrie. Banyak kiranya manusia di dunia yang memiliki talenta, kompetensi, namun tidak memiliki disiplin. Disiplin menjadi distingsi yang menjadi penerang antara keberhasilan dan kegagalan. Maka yang menjadi pokok permasalahan dalam penelitian ini adalah:(1) Bagaimana nilai-nilai kedisiplinan dalam Novel Anak Sejuta Bintang?(2) Bagaimana nilai-nilai kedisiplinan menurut para tokoh?(3) Bagaimana nilai-nilai kedisiplinan dalam belajar?(4) Bagaimana implikasi nilai-nilai kedisiplinan terhadap proses belajar. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan(library research), sedangkan dalam pengumpulan datanya menggunakan metode deskriptif analisismengenai (bibliographis), dengan menggunakan literatur dan teks sebagai objek utama analisis yaitu novelAnak Sejuta Bintang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara dokumentasi guna menjadi referensi dalam penyusunan skripsi ini yang realitasnya tentang nilai-nilai kedisiplinan. Analisis data yang digunakan dalam skripsi ini adalah analisis isi (content analysis) atau analisis dokumen, dan dari analisis tersebut ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: (1) Nilai-nilai kedisiplinan dalam novel Anak Sejuta Bintang antara lain disiplin dalam menggunakan waktu, dalam belajar, dalam beribadah, dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.(2) Nilai-nilai kedisiplinan menurut para tokohadalah proses mengubah perilaku kebiasaan individu anak menjadi tertib dan patuh terhadap berbagai peraturan dan ketentuan yang berguna bagi kehidupan pribadi, masyarakat, dan alam sekitarnya.(3) Nilai-nilai kedisiplinan dalam belajar merupakan proses mengubah perilaku kebiasaan individu anak dalam proses belajar menjadi tertib dan patuh terhadap berbagai peraturan dan ketentuan yang berguna bagi kehidupan pribadi, masyarakat, dan alam sekitarnya . (4) Implikasi nilai-nilai kedisiplinan terhadap proses belajar yaitu mengembangkan pendidikan penyadaran, latihan pembiasaan, membangun karakter/kepribadian.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 16 Feb 2016 06:31
Last Modified: 16 Feb 2016 06:31
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/229

Actions (login required)

View Item View Item