Ahyarudin, Muhamad Imam (2024) PENANAMAN SIKAP SOPAN SANTUN DAN TANGGUNG JAWAB MELALUI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMP NEGERI 25 DAN SMP NEGERI 2 PURWOREJO. Other thesis, IAIN SALATIGA.
Text
Muhamad Imam Ahyarudin - 12010200043.pdf Download (2MB) |
|
Text
Muhamad Imam Ahyarudin - 12010200043.pdf Download (2MB) |
|
Text
Muhamad Imam Ahyarudin - 12010200043.pdf Download (2MB) |
|
Text
Muhamad Imam Ahyarudin - 12010200043.pdf Download (2MB) |
|
Text
Muhamad Imam Ahyarudin - 12010200043.pdf Download (2MB) |
|
Text
Muhamad Imam Ahyarudin - 12010200043.pdf Download (2MB) |
|
Text
Muhamad Imam Ahyarudin - 12010200043.pdf Download (2MB) |
|
Text
Muhamad Imam Ahyarudin - 12010200043.pdf Download (2MB) |
Abstract
Ahyarudin. Muhamad Imam. (2024). Penanaman Sikap Sopan Santun dan Tanggung Jawab Melalui Pembelajaran Agama Islam di SMP Negeri 25 dan SMP Negeri 2 Purworejo Tesis Salatiga: Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. KH. Mukh Nursikin, M.S.I. Penelitian ini bertujuan (1) Untuk mendeskripsikan bagaimana penanaman sikap sopan santun dan tanggung jawab melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam, (2) Untuk mendeskripsikan bagaimana evaluasi penanaman sikap sopan santun dan tanggung jawab melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam, (3) Untuk menemukan faktor pendukung dan penghambat guru PAI dalam penanaman sikap sopan santun dan tanggung jawab melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 25 dan SMP Negeri 2 Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang dilakukan di SMP Negeri 25 dan SMP Negeri 2 Purworejo. Teknik dan sumber pengumpulan data yang digunakan meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data melalui triangulasi sumber dan metode. Proses analisis data melibatkan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah: (1) Pelaksanaan penanaman sikap sopan santun dan tanggung jawab peserta didik oleh guru PAI dilaksanakan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang termuat dalam modul ajar pembelajaran yang telah disusun sebelumnya, asesmen diagnostik dilakukan guru PAI dalam pembelajaran baik awal atau akhir sebagai alat ukur pemahaman siswa, penggunaan media pembelajaran yang bervariatif bermaksud untuk menyampaikan pembelajaran secara detail dan menyeluruh sesuai dengan gaya belajar setiap siswa. Indikator sopan santun dan tanggung jawab yang digunakan oleh guru PAI dikedua sekolah ini, yaitu a) berkata sopan, b) 3S (senyum, sapa, salam), c) menerima segala sesuatu dengan tangan kanan, c) melaksanakan tugas dengan tepat waktu, d) menghargai orang yang lebih tua, e) memberi salam ketika berjumpa dengan guru. (2) Evaluasi penanaman sikap sopan santun peserta didik oleh guru pendidikan agama Islam di SMPN 25 dan SMPN 2 Purworejo dengan berbagai komponen yaitu evaluasi berbentuk tertulis dan juga evaluasi dalam bentuk non tertulis, (3) Faktor pendukung dalam penanaman sopan santun dan tanggung jawab antara lain:bimbingan ketakwaan, kolaborasi dengan wali murid, dan kolaborasi dengan guru BK. Untuk faktor penghambatnya berasal dari latar belakang keluarga dan siswa, administrasi guru yang banyak, kurangnya kepercayaan diri dari siswa. Kata Kunci: Sopan Santun, Tanggung Jawab, Pendidikan Agama Islam.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 21 Nov 2024 13:45 |
Last Modified: | 21 Nov 2024 13:45 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22910 |
Actions (login required)
View Item |