ANALISI BUKU TEKS IPA TERBITAN KEMENDIKBUD EDISI REVISI 2017 KURIKULUM 2013 DAN ALL ABOUT SCIENCE FOR LOWER SECONDARY TEXTBOOK KURIKULUM SINGAPURA MATERI KARAKTERISTIK DAN KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP BERDASARKAN LITERASI SAINS

NISSA, SEKAR WAKHIDATUN (2024) ANALISI BUKU TEKS IPA TERBITAN KEMENDIKBUD EDISI REVISI 2017 KURIKULUM 2013 DAN ALL ABOUT SCIENCE FOR LOWER SECONDARY TEXTBOOK KURIKULUM SINGAPURA MATERI KARAKTERISTIK DAN KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP BERDASARKAN LITERASI SAINS. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Sekar Wakhidatun Nissa 23060160012.pdf

Download (6MB)
[img] Text
Sekar Wakhidatun Nissa 23060160012.pdf

Download (6MB)

Abstract

Nissa, Sekar, Wakhidatun. 2022. Analisis Buku Teks IPA Terbitan Kemndikbud Edisi Revisi 2017 Kurikulum 2013 dan All about Science for Lower Science Secondary Textbook Kurikulum Singapura Materi Karakteristik dan Klasifikasi Makhluk Hidup. Skripsi, Salatiga: Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Pembimbing: Dr. Eni Titikusumawati, S.Pd., M.Pd. Kata Kunci: Analisis Isi, Buku Teks IPA, Literasi Sains Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ruang lingkup kategori literasi sains dalam buku teks IPA terbitan Kemendikbud edisi revisi 2017 kurikulum 2013 dan all about science for lower secondary textbook kurikulum singapura materi klasifikasi dan karakteristik makhluk hidup. Kategori yang digunakan adalah kategori the knowledge of science (pengetahuan sains), the investigative nature of science (hakikat penyelidikan sains), science as way of thingking (sains sebagai cara berfikir), interaction of science, technology, and society (interaksi sains, teknologi, dan masyarakat). Jenis Penelitian yang diterapkan adalah penelitian kepustakaan (library research). Metode pengumpulan data pada penelitian ini dengan pemberian lembar observasi dan dokumentasi. Analisis data menerapkan teknik analisis isi (content analysis) melalui penggunaan rumus persentase dalam menetapkan kuantitas munculnya kategori literasi sains. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa kategori literasi sains yang dimuat dalam buku teks IPA terbitan Kemendikbud edisi revisi 2017 kurikulum 2013 dan all about science for lower secondary textbook kurikulum singapura materi klasifikasi dan karakteristik makhluk hidup didominasi kategori the knowledge of science (pengetahuan sains) dengan rata-rata kemunculan pernyataan sebesar 47%, kemudian kategori the investigative nature of science (hakikat penyelidikan sains) dengan rata-rata kemunculan pernyataan sebesar 28%, kemudian kategori science of way of thinking (sains sebagai cara berfikir) dengan persentase 21%, dan terakhir kategori interaction of science, technology. and society (interaksi sains, teknologi, dan masyarakat) dengan persentase 5%. Koefisien kesepakatan pada buku buku teks IPA terbitan Kemendikbud edisi revisi 2017 kurikulum 2013 sebesar 0,99 dan koefisien kesepakatan pada all about science for lower secondary textbook kurikulum Singapura sebesar 0, 95. Dengan demikian kedua buku yang dianalisis sudah menunjukan kategori bagus, namun ada beberapa indikator yang tidak muncul serta baik buku A maupun buku B mempunyai keunggulan indikator sendiri pada setiap kategori.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Dec 2024 17:52
Last Modified: 02 Dec 2024 17:52
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22912

Actions (login required)

View Item View Item