PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA TUNANETRA DI SMPLB NEGERI SALATIGA TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021

Sukma, Dewangga (2025) PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA SISWA TUNANETRA DI SMPLB NEGERI SALATIGA TAHUN PEMBELAJARAN 2020/2021. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi Dewangga Sukma 11114331.pdf

Download (908kB)
[img] Text
Skripsi Dewangga Sukma 11114331.pdf

Download (908kB)
[img] Text
Skripsi Dewangga Sukma 11114331.pdf

Download (908kB)
[img] Text
Skripsi Dewangga Sukma 11114331.pdf

Download (908kB)
[img] Text
Skripsi Dewangga Sukma 11114331.pdf

Download (908kB)
[img] Text
Skripsi Dewangga Sukma 11114331.pdf

Download (908kB)
[img] Text
Skripsi Dewangga Sukma 11114331.pdf

Download (908kB)
[img] Text
Skripsi Dewangga Sukma 11114331.pdf

Download (908kB)

Abstract

Sukma, Dewangga. 2020. Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Tunanetra di SMPLB Negeri Salatiga. Skripsi, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan Jurusan Ilmu Pendidikan Agama Islam Institut Agama Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Guntur Cahyono, M.Pd. Kata Kunci : Pembelajaran, Pendidikan Agama Islam, Tunanetra, SMPLB. Penelitian ini membahas tentang pembelajaran pendidikan agama Islam pada siswa penyandang tunanetra di SMPLB Negeri Salatiga. Skripsi ini memiliki tujuan penelitian yang akan dicapai adalah untuk mengetahui: 1) Metode yang digunakan dalam pembelajaran pendidikan agama Islam pada siswa tunanetra di SMPLB Negeri Salatiga. 2) hambatan serta usaha pemecahannya dalam pembelajaran pendidikan agama Islam pada siswa tunanetra di SMPLB Negeri Salatiga. Pendekatan penelitian ini ditinjau dari segi tempat penelitiannya, dan termasuk penelitan lapangan (field research). Dalam pelaksanaan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini meliputi sumber data primer yakni hasil wawancara kepala sekolah, guru PAI, dan siswa penyandang tunanetra. Sumber data sekunder meliputi dokumentasi wawancara, dokumentasi pembelajaran, profil sekolah, media pembelajaran. Data tersebut dikumpulkan dengan melakukan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil menunjukkan bahwa metode ceramah dan quantum teaching adalah metode yang digunakan dalam pembelajaran pendidiakan agama Islam pada siswa penyandang tunanetra di SMPLB Negeri Salatiga. Sebagai penyandang tunanetra pasti menemui kesulitan dan hambatan pada saat pembelajaran pendidikan agama Islam. Keterbatasan dalam menggunakan indera melihat, Kurangnya jam khusus pembelajaran pendidikan agama Islam. Kurangnya buku pembelajaran khusus SLB. Saran penelitian ini adalah, guru diharapkan dapat mengembangkan berbagai metode pembelajaran. Hendaknya guru mengoptimalkan dalam menggunakan media pembelajaran. Meningkatkan kerjasama yang baik antara pihak sekolah dengan wali murid

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Jan 2025 18:33
Last Modified: 02 Jan 2025 18:33
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22938

Actions (login required)

View Item View Item