M.Ag., Drs. Taufiqul Mu`in, (2025) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN ILMU KALAM DI FAKULTAS USHULUDIN ( Kajian Pada Mahasiswa Jurusan SPI Tahun Akademik 2016 Institut Agama Islam Negeri Salatiga). UNSPECIFIED.
Text
PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN ILMU KALAM_ Taufiqul Mu'in.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pemikiran tentang islam selalu berkembang sesuai dengan perkembangan umat itu sendiri. Umat islam berkembang karena situasi dan kondisi yang mengelilinginya berkembang pula. Dengan demikian, konsepsi-konsepsi ilmu kalam yang muncul sekitar seribu tahun yang lalu, sekalipun pandangan-pandangannya dapat dicerna dan dipahami oleh generasi muslim era sekarang, tetapi perlu adanya rekonstruksi sistem sesuai dengan perkembangan zamannya. Dengan demikian pemikir muslim kontemporer berhadapan dengan situasi dan kondisi zaman yang sedang berkembang, yang pada umumnya sering dicirikan sebagai masa modern atau bahkan sudah memasuki masa postmodern yang tentu situasi ini menuntut untuk dilakukan evaluasi kritis terhadap visi dan metode ilmu kalam. Masalah pokok yang akan dijawab dan dipecahkan dalam penelitian ini di antaranya sebagai berikut: 1. Bagaimana respon dan minat belajar mahasiswa semester II jurusan SKI pada pembelajaran MK. Ilmu Kalam?, 2. Bagaimana problematika yang dihadapi mahasiswa dalam pembelajaran Ilmu Kalam? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Studi ini dilakukan melalui: planning, action, observation, reflection. Sampel penelitiannya sebanyak 29 mahasiswa yang sedang mengikuti mata kuliah Ilmu Kalam. Dari analisa yang telah dilakukan peneliti pada bab sebelumnya dapat diambil beberapa kesimpulan sebagai berikut Pertama, secara garis besar minat belajar mahasiswa jurusan SKI semester 2 pada pembelajaran mata kuliah llmu Kalam sangat baik, dibuktikan dengan respon mereka dalam pembuatan makalah pada setiap materi. Kedua, ada beberapa problematika yang terdapat dalam proses pembelajaran ilmu kalam yaitu minimnya pengetahuan mahasiswa terhadap bahasa Arab yang kebanyakan literatur ditulis dengan menggunakan bahasa Arab, kesenjangan pengetahuan awal mahasiswa yang dilatarbelakangi oleh perbedaan basis pembelajaran, kurangnya minat mahasiswa terhadap mata kuliah ini karena bukan menjadi komponen jurusan. kata kunci : ilmu kalam, mahasiswa, problematika, pembelajaran
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 14 Jan 2025 20:04 |
Last Modified: | 14 Jan 2025 20:04 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22944 |
Actions (login required)
View Item |