PENGEMBANGAN E-BAHAN AJAR PAI DAN BUDI PEKERTI BERBASIS PSIKOLOGI HUMANISTIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP DI KABUPATEN DEMAK

Kuswanto,S.PdI, Edi (2025) PENGEMBANGAN E-BAHAN AJAR PAI DAN BUDI PEKERTI BERBASIS PSIKOLOGI HUMANISTIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP DI KABUPATEN DEMAK. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Disertasi Edi Kuswanto.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) menganalisis kondisi nyata bahan ajar dan analisis kebutuhan pengembangan e-bahan ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMP Kabupaten Demak. 2) menemukan konsep pengembangan e-bahan ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti berbasis Psikologi Humanistik di SMP Kabupaten Demak. 3) menguji tingkat kelayakan e-bahan ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti berbasis Psikologi Humanistik di SMP Kabupaten Demak. 4) menguji efektifitas hasil pengembangan e-bahan ajar Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti berbasis Psikologi Humanistik dalam meningkatkan hasil belajar siswa SMP di Kabupaten Demak. Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D), dengan prosedur pengembangan melalui tahapan analisa kebutuhan, pengembangan model, evaluasi model dan implementasi model. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, kuisioner dan dokumentasi. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari: 1) angket untuk mengetahui analisa kebutuhan, tingkat kelayakan, tingkat kepraktisan, 2) butir soal untuk mengetahui efektifitas penggunaan e-bahan ajar dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Teknik analisa yang digunakan adalah analisa statistik menggunakan uji t dengan One Group Pretest-Posttest Desain. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Kondisi nyata dan analisis kebutuhan bahan ajar PAI dan Budi Pekerti di SMP Kabupaten Demak 90% berupa buku cetak dan 10% dari sumber internet, dan 100% guru membutuhkan pengembangan bahan ajar sesuai dengan kondisi, perkembangan, karakteristik siswa dan mampu mendorong kreatifitas serta berkolaborasi dengan teknologi. 2) konsep pengembangan e-bahan ajar dengan cara mengembangkan bahan ajar PAI dengan ilmu psikologi humanistik dan teknologi berbasis android. 3) hasil uji kelayakan menunjukkan bahwa isi/konten sebesar 90,8% dan dinyatakan sangat layak, uji kelayakan penggunaan teknologi sebesar 80% dan dinyatakan layak. Hasil uji kepraktisan menurut guru sebesar 90,83% dan dinyatakan sangat praktis, sedangkan dari unsur siswa sebesar 94,7% dan dinyatakan sangat praktis. 4) penggunaan e-bahan ajar PAI dan Budi Pekerti berbasis Psikologi Humanistik terbukti efektif terhadap hasil belajar siswa SMP di Kabupaten Demak, hal ini dapat dilihat dari nilai rerata pretest 67,34 dan posttest 8,17 serta hasil uji signifikansi sebesar <0,0001 lebih kecil dari nilai signifiansi 0.05.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Jan 2025 15:13
Last Modified: 17 Jan 2025 15:13
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22946

Actions (login required)

View Item View Item