EFEKTIVITAS MEDIA PAPAN BILANGAN BULAT (BIBUL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT KELAS IV DI SD ISLAM AL AZHAR 22 SALATIGA

Palupi, Diah Ayu Retno (2025) EFEKTIVITAS MEDIA PAPAN BILANGAN BULAT (BIBUL) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA OPERASI HITUNG PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT KELAS IV DI SD ISLAM AL AZHAR 22 SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI Diah Ayu Retno Palupi_23040200039.pdf

Download (7MB)
[img] Text
SKRIPSI Diah Ayu Retno Palupi_23040200039.pdf

Download (7MB)
[img] Text
SKRIPSI Diah Ayu Retno Palupi_23040200039.pdf

Download (7MB)
[img] Text
SKRIPSI Diah Ayu Retno Palupi_23040200039.pdf

Download (7MB)
[img] Text
SKRIPSI Diah Ayu Retno Palupi_23040200039.pdf

Download (7MB)
[img] Text
SKRIPSI Diah Ayu Retno Palupi_23040200039.pdf

Download (7MB)
[img] Text
SKRIPSI Diah Ayu Retno Palupi_23040200039.pdf

Download (7MB)
[img] Text
SKRIPSI Diah Ayu Retno Palupi_23040200039.pdf

Download (7MB)
[img] Text
SKRIPSI Diah Ayu Retno Palupi_23040200039.pdf

Download (7MB)

Abstract

Palupi, Diah AR. 2024. Efektivitas Media Papan BIBUL Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Operasi Hitung Penjumlahan Dan Pengurangan Bilangan Bulat Kelas IV SD Islam Al Azhar 22 Salatiga: skripsi, Jurusan Penddidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga, Pembimbing: Dr. Peni Susapti, S. Si., M.Si. Kata Kunci: Media Papan BIBUL; Kemampuan berhitung; Bilangan Bulat Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas media papan BIBUL terhadap hasil belajar siswa pada operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat kelas IV di SD Islam Alazhar 22 Salatiga. Jenis Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif menggunakan desain penelitian Quasi Eksperimental yang dimana sampel penelitiannya mengguanakan Pretest-Posttest. Instrumen penelitian ini meliputi tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahawa penggunaan media papan BIBUL cukup efektif terhadap hasil belajar siswa pada operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat kelas IV di SD Islam Alzhar 22 Salatiga. Hal ini dibuktikan dari hasil Uji Hipotesis yang telah dilakukan peneliti melalui output SPSS Statistic 22 dengan menggunakan Uji Independent Sample T-test dengan nilai signifikansi 0,05 diperoleh nilai Sig(2-tailed) 0,000 yang mana nilai tersebut lebih kecil dari 0,05 (0,000 < 0,05) artinya Ha diterima. Kemudian peneliti menggunakan sampel sebanyak 52 siswa (26 siswa dari kelas eksperimen dan 26 siswa dari kelas kontrol). Sehingga df = (52-2=50) dengan taraf signifikansi 0,05 didapatkan nilai t tabel = 1,675, sedangkan t hitung hasil belajar siswa operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat = 5,436. Dapat disimpulkan bahwa t hitung dan t tabel hasil belajar siswa pada operasi hitung penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat 5,436 > 1,675, maka Ha diterima dan Ho ditolak. Hal ini di dukung dengan N-Gain efektivitas penggunaan media papan BIBUL (Bilangan Bulat) diperoleh nilai rata-rata N-Gain persen sebesar 68.5749 atau 68,5% yang termasuk dalam rentang kategori 56%-75% dengan klasifikasi cukup efektif artinya penerapan media papan BIBUL terhadap hasil belajar siswa cukup efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan rata-rata nilai posttest kelas eksperimen adalah 87,1 dan hasil posttest kelompok kontrol menggunakan pembelajaran secara konvensional mendapatkan skor rata-rata 73,1. Hasil penelitian dapat dijadikan sebagai informasi bagi guru dalam pembelajaran matematika khususnya pada materi bilangan bulat untuk mengambangkan bahan ajar matematika melalui media papan BIBUL dalam mengajarkan konsep matematika di kelas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 20 Jan 2025 21:47
Last Modified: 20 Jan 2025 21:47
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22947

Actions (login required)

View Item View Item