Hermawan, Agus (2025) KONTRIBUSI PARENTING SCHOOL DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR DAN MENGURANGI KECANDUAN PENGGUNAAN SMARTPHONE PADA SISWA PAUD KB KARTINIUNDAAN KUDUS. UNSPECIFIED.
![]() |
Text
Buku Panduan Penanganan Anak Kecanduan Smartphone.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Buku Panduan Penanganan Anak Kecanduan Smartphone.pdf Download (1MB) |
Abstract
Kelompok Bermain merupakan pendidikan paling awal untuk rentang usia 2-6 tahun dimana usia ini adalah usia emas (golden age)yang membutuhkan perhatian dan waktu banyak dari para orang tua agar anak dapat tumbuh kembang secara optimal sesuai tingkatan usia dan tujuan pembelajaran. Anak usia dini memiliki fitrah bermain, memiliki daya imajinasi, quriositas yang tinggi serta pandai meniru dari apa yang dilihat, didengar tanpa filter dan pertimbangan akal yang matang. Keingintahuan anak usia dini yang tinggi inilah sehingga kebanyakan mereka mencari tahu, banyak bertanya dan mencoba hal-hal baru yang diketahuinya termasuk berbagai macam permainan yang tersedia dalam aplikasi smartphone. Penggunaan smartphone pada anak usia dini belakangan ini sudah menjadi kebiasaan sehari-hari bahkan sebagian besar anak telah mengalami kecanduan akan smartphone sehingga berakibat minat belajarnya menurun karena asyik bermain smartphone. Hal ini dikuatkan oleh penulisan dari The Asian Parent Insight bersama Samsung kidstime melalui Mobile Device Usage Among Young Kids dalam Muhammad Zaini (2019) disebutkan bahwa dari 500 orang tua di Indonesia yang disurvey ada 98% orang tua memperbolehkan anaknya menggunakan smartphone; pada kenyataannya 72% penggunaan smartphone oleh anak untuk bermain game, 57% untuk aplikasi pendidikan dan 14% untuk aplikasi buku. Menurut Zaini (2019) bahwa secara umum 85% orang tua menyatakan anak mereka menikmati dalam memainkan smartphone dan 26% sudah mulai kecanduan akan smartphone dan minat belajar mulai menurun. Kelompok Bermain Kartini Undaan Kidul Kudus merupakan KB unggulan di Kabupaten Kudus. Salah satu program unggulannya adalah menjalin sinergitas kerjasama antara pihak sekolah, pengurus dan orang tua murid dalam peningkatan layanan mutu pembelajaran siswa PAUD berbasis qur’ani ini. Bentuk sinergitas ini berwujud penyelenggaraan Parenting School bagi orang tua wali murid dalam ikut mendampingi dan mengasuh serta mendidik anak siswa PAUD KB Kartini di rumah dan di sekolahan.
Item Type: | Book |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 04 Feb 2025 17:14 |
Last Modified: | 04 Feb 2025 17:14 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/22966 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |