janah, Miftakhul (2025) PENGARUH BEBAN KERJA DAN EFIKASI DIRI GURU TERHADAP KESEJAHTERAAN PSIKOLOGIS PADA GURU SEKOLAH PENGGERAK DI KOTA SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
SKRIPSI MIFTAKHUL JANNAH 124.pdf Download (7MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI MIFTAKHUL JANNAH 124.pdf Download (7MB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk. 1)mengetahui pengaruh beban kerja terhadap kesejahteraan psikologis pada guru sekolah penggerak di Kota Salatiga, 2) mengetahui pengaruh efikasi diri guru terhadap kesejahteraan psikologis pada guru sekolah penggerak di Kota Salatiga, 3) mengetahui pengaruh beban kerja dan efikasi diri guru terhadap kesejahteraan psikologis pada guru sekolah penggerak di Kota Salatiga. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif korelasional. Subyek dalam penelitian ini adalah guru Sekolah Penggerak tingkat SMP di Kota Salatiga, dengan jumlah populasi sebanayak 175 guru dan sampel sebanyak 122 guru. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan Skala Beban Kerja, Skala Efikasi Diri Guru, dan Skala Kesejahteraan Psikologis, dengan Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis yaitu Teknik analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Beban kerja memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kesejahteraan psikologis pada guru sekolah penggerak di Kota Salatiga. Hal ini dibuktikan dari nilai signifikasi sebesar 0,000 (p<0,05). Selain itu, nilai t hitung untuk variabel beban kerja sebesar -3,764, yang lebih besar daripada t tabel (1,986). 2) Efikasi diri guru memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kesejahteraan psikologis pada guru sekolah penggerak di Kota Salatiga. Hal ini dibuktikan dari nilai signifikasi sebesar 0,000 (p<0,05). Selain itu, nilai t hitung untuk variabel regulasi emosi sebesar 9,112, yang lebih besar daripada t tabel (1,986). 3) Beban kerja dan efikasi diri guru memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kesejahteraan psikologis pada guru sekolah penggerak di Kota Salatiga. Hal ini dibuktikan dari nilai signifikansi kesejahteraan psikologis (Y) menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 (p < 0,05). Selain itu, nilai perhitungan Uji F sebesar 54,913 lebih besar dari nilai tabel 3,10. Diperoleh nilai Adjusted R Square (adjusted R 2 ) sebesar 0,471 atau 47,1 %, hal ini menunjukkan bahwa pengaruh variabel independent yaitu beban kerja dan efikasi diri guru terhadap kesejahteraan psikologis adalah sebesar 47,1%. Sisa 52,9% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 20 Feb 2025 19:58 |
Last Modified: | 20 Feb 2025 19:58 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/23035 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |