nurwidianto, Tri (2025) STRATEGI KOMUNIKASI BADN USAHA MILIK DESA (BUMDes) DALAM PENGELOLAAN HASIL PERTANIAN. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
skripsi TRI NURWIDIANTO (43010200105).pdf Download (3MB) |
Abstract
ABSTRAK Widianto, Trinur. 2024. Strategi Komunikasi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Dalam Pengelolaan Hasil Pertanian (Studi Kasus di Desa Jetis Kecamatan Bandungan). Skripsi, Salatiga :Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Drs. Achmad Maemun, M. A.g Kata kunci : strategi komunikasi, BUMDes, hasil pertanian Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui bagaimana Strategi Komunikasi Badan Usaha Milik Desa Dalam Pengelolaan Hasil Pertanian Desa Jetis. (2) Mengetahui dampak Strategi Komunikasi Badan Usaha Milik Desa Dalam Pengelolaan Hasil Pertanian Desa Jetis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk menjelaskan strategi komunikasi dalam pengelolaan BUMDes hasil pertanian di Desa Jetis, Kecamatan Bandungan. Subjek penelitian adalah BUMDes Jetis beserta informasi tambahan lainnya. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan analisis menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji melalui triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi BUMDes melibatkan:Pendekatan dialog langsung dengan petani. Kolaborasi dengan tokoh masyarakat.Pemanfaatan media sosial untuk promosi.Strategi ini berhasil membangun kepercayaan antara BUMDes dan petani, meningkatkan pengelolaan hasil pertanian, serta memperluas akses pasar lokal dan regional. Dampak positif meliputi: Peningkatan kesejahteraan petani, melalui pasar bunga tematik dan festival bunga tahunan. Stabilisasi harga dan peningkatan pendapatan. Partisipasi aktif masyarakat yang mendukung keberhasilan program. Namun, strategi ini menghadapi tantangan seperti membangun kepercayaan awal petani, mengatasi miskomunikasi, dan keterbatasan promosi di tingkat nasional. Meski begitu, kombinasi komunikasi tradisional dan modern telah menciptakan ekosistem pemasaran yang mendukung perkembangan ekonomi desa secara berkelanjutan. Dampak strategi komunikasi badan usaha milik Desa dalam pengelolaan hasil pertanian Desa Jetis sangat berdampak bagi kesejahteraan masyarakat, sangat berdampak pada pendapatan asli desa sebagai sumber pembiayaan pembangunan desa yang lebih mandiri, sangat berdampak pada identitas ekonomi desa melalui festival bunga tahunan dan promosi pasar bunga tematik, dan yang terakhir sangat berdampak pada hubungan sosial dan keterampilan petani. Strategi komunikasi berhasil menciptakan dampak yang baik mengenai ikatan yang erat antara petani dan pengelola BUMDes serta BUMDes memberikan pelatihan untuk petani dalam mengembangkan keterampilannya. Dampak strategi komunikasi ini berdampak untuk pengembangan keterampilan petani dalam memanfaatkan media sosial, teknologi digital. ix
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera |
Divisions: | Fakultas Dakwah > Komunikasi dan Penyiaran Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 24 Feb 2025 21:21 |
Last Modified: | 24 Feb 2025 21:21 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/23060 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |