KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR BERBASIS Q.S TAHA AYAT 25-28 UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI SISWA SMP N 6 SALATIGA

Mauliddina, Riska Amanda (2025) KONSELING KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN RATIONAL EMOTIVE BEHAVIOR BERBASIS Q.S TAHA AYAT 25-28 UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI SISWA SMP N 6 SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI RISKA AMANDA M 23080200016.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI RISKA AMANDA M 23080200016.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI RISKA AMANDA M 23080200016.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mencapai tiga hal yaitu: 1) Menganalisa tingkat kepercayaan diri berbicara didepan kelas siswa SMP N 6 Salatiga; 2) Mendeskripsikan pelaksanaan layanan konseling kelompok dengan pendekatan rational emotive behavior berbasis Q.S Taha ayat 25-28; 3) Menguji efektivitas layanan konseling kelompok dengan pendekatan rational emotive behavior berbasis Q.S Taha ayat 25-28 untuk meningkatkan rasa percaya diri berbicara didepan kelas siswa SMP N 6 Salatiga. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif quasi eksperimen dengan menggunakan pretest-posttest control grub desain. Populasi pada penelitian ini berjumlah 27 siswa dan sampel 12 siswa diambil dengan teknik puropisve sampling yang percaya dirinya paling rendah. Skala percaya diri yang digunakan dalam penelitian ini sudah di uji validitas dan reabilitas sehingga layak untuk digunakan. Teknik analisis data penelitian menggunakan uji Independent sample t test. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Tingkat rasa percaya diri berbicara didepan kelas siswa kelas VIII G di SMP N 6 Salatiga pada kategori rendah 0% (0 siswa), kategori sedang mencapai 44,44% ( 12 siswa), kategori tinggi 11,11% (3 siswa) dan kategori sangat tinggi 44,44% (12 siswa). (2) pelaksaan konseling kelompok dilaksanakan tiga kali pertemuan, yang pertama fokus mengidentifikasi masalah, yang kedua mengatasi masalah dengan Q.S Taha ayat 25-28, dan yang ketiga praktek berbicara di depan kelompok. (3) Efektifitas konseling kelompok dengan pendekatan rational emotive behavior berbasis Q.S Taha ayat 25-28 untuk meningkatkan rasa percaya diri siswa SMP N 6 Salatiga dengan hasil uji Independent sample t test, yang diperoleh nilai t sebesar 8,837 dan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000, yang lebih kecil dari α < 0,05, sehingga hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa konseling kelompok dengan pendekatan rational emotive behavior berbasis Q.S Taha ayat 25-28 berpengaruh signifikan terhadap peningkatan rasa percaya diri siswa SMP N 6 Salatiga.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Feb 2025 21:22
Last Modified: 25 Feb 2025 21:22
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/23097

Actions (login required)

View Item View Item