PENGUATAN REGULASI DIRI MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS QS. AR RAD AYAT 11 PADA SISWA YANG BEKERJA DI SMA N 1 TUNTANG KAB. SEMARANG

Janah, Khumairoh Nur Isti (2025) PENGUATAN REGULASI DIRI MELALUI BIMBINGAN KELOMPOK BERBASIS QS. AR RAD AYAT 11 PADA SISWA YANG BEKERJA DI SMA N 1 TUNTANG KAB. SEMARANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
skripsi khumairoh.pdf

Download (4MB)
[img] Text
skripsi khumairoh.pdf

Download (4MB)
[img] Text
skripsi khumairoh.pdf

Download (4MB)

Abstract

Janah, Khumairoh Nur Isti. 2024. Penguatan Regulasi Diri melalui Bimbingan Kelompok Berbasis Qs. Ar Ra’d Ayat 11 pada Siswa di SMA N 1 Tuntang Kab. Semarang yang Bekerja. Skripsi. Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan UIN Salatiga. Pembimbing : Dr. Lilik Sriyanti, M. Si. Kata Kunci: Layanan Bimbingan Kelompok, Penguatan Regulasi Diri Tujuan penelitian ini adalah : 1) Menemukan tingkat regulasi diri siswa, 2) Mendeskripsikan pelaksanaan bimbingan kelompok, 3) Menguji pengaruh bimbingan kelompok berbasis Qs. Ar Ra’d : 11 terhadap penguatan regulasi diri pada siswa SMA N 1 Tuntang yang bekerja. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan pendekatan kuantitatif eksperimen semu dengan one group pretes-posttest design. Pengumpulan data menggunakan skala regulasi diri yang sudah di uji validitas dan reliabilitas ditujukan kepada populasi subjek penelitian yaitu 26 siswa yang memiliki pekerjaan sambilan dengan menggunakan snowball sampling dan diambil 8 sebagai sampel menggunakan teknik purposive sampel regulasi diri yang masih rendah. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) tingkat kondisi regulasi diri siswa yang bekerja diperoleh skor rata-rata (mean) pretest sebesar 51.50 sedangkan rata-rata (mean) posttest menjadi 94.88 yang artinya telah ada peningkatan skor antara sebelum dan sesudah diberikan layanan. (2) pelaksanaan layanan sebanyak 2 kali pertemuan dengan topik penguatan regulasi diri pada siswa yang bekerja. (3) terdapat peningkatan skor antara pretest dan posttest dan dari perhitungan menggunakan SPSS versi 22.0 for windows yang diperoleh nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 > 0,05, maka bimbingan kelompok pada siswa SMA N 1 Tuntang yang bekerja efektif atau berpengaruh dalam menguatkan regulasi pada siswa yang bekerja sambilan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Feb 2025 21:24
Last Modified: 25 Feb 2025 21:24
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/23098

Actions (login required)

View Item View Item