Effendi, Ali Ma'sum (2025) PENGEMBANGAN INSTRUMEN ISPEBAMETA UNTUK MENGUKUR PELAKSANAAN SUPERVISI PEMBELAJARAN KEPALA MADRASAH IBTIDAIYAH DI KECAMATAN KEDUNG KABUPATEN JEPARA. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
TESIS_ALI MA'SUM EFFENDI_12020210004.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
TESIS_ALI MA'SUM EFFENDI_12020210004.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
TESIS_ALI MA'SUM EFFENDI_12020210004.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
TESIS_ALI MA'SUM EFFENDI_12020210004.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
TESIS_ALI MA'SUM EFFENDI_12020210004.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
TESIS_ALI MA'SUM EFFENDI_12020210004.pdf Download (3MB) |
Abstract
Ali Ma’sum Effendi, Pengembangan Instrumen ISPEBAMETA Untuk Mengukur Pelaksanaan Supervisi Pembelajaran Kepala Madrasah Ibtidaiyah Di Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara. Salatiga: Pacasarjana Universitas Islam Negeri Salatiga, 2024. Penelitian ini bertujuan untuk 1) Mengetahui analisis kondisi nyata pelaksanaan supervisi pembelajaran pembelajaran yang dilakukan oleh Kepala Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara. 2) Mengetahui kebutuhan Pengembangan Instrumen Supervisi Pembelajaran Pembelajaran Berbasis Media Teknologi Digital (ISPEBAMETA); 3) Mengetahui kelayakan instrumen supervisi pembelajaran berbasis media teknoogi digital (ISPEBAMETA); 4) Mengetahui efektivitas hasil penembangan instrumen supervisi pembelajaran terhadap pelaksanaan supervisi pembelajaran yang dilakukan oleh Kepala Madrasah. Metode penelitian ini merupakan desain penelitian pengembangan atau Research and development (R&D) dengan model ADDIE yang merupakan salah satu model pengembangan dengan fase generik yang sudah dikenal yaitu: (1) analyze; (2) design; (3) develop; (4) implement; dan (5) evaluation. Lokasi penelitian di wilayah KKMI Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara. Subyek penelitian adalah seluruh Kepala Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Kedung. Instrumen yang digunakan berupa angket analisis kondisi nyata dan kebutuhan, instrumen pengukuran efektivitas pelaksanaan supervisi, dan lembar uji coba perorangan, kelompok, dan terbatas. Tahapan dari yang digunakan sebagai berikut : (1) studi pendahuluan; (2) pengembangan instrumen supervisi (ISPEBAMETA); pengujian efektivitas produk. Hasil penelitian ini sebagai berikut : 1) hasil kondisi nyata penggunaan media instrumen supervisi pembelajaran 100% masih menggunakan media instrumen manual berbasis kertas. Hasil tingkat kebutuhan diperoleh 3,4 dengan kriteria sangat butuh. 2) Tahapan pengembangan pada penelitian menggunakan model pengembangan model ADDIE. 3) Instrumen pengembangan ISPEBAMETA divalidasi oleh 2 Ahli Materi mendapatkan skor 3.68 dengan kriteria sangat layak dan Ahli IT mendapatkan skor 3.16 dengan kriteria layak. Berdasarkan hasil uji coba perorangan 2 Kepala Madrasah mendapatkan skor 44,5 dengan kriteria sangat layak, uji kelompok 4 Kepala Madrasah mendapatkan skor 44,75 dengan kriteria sangat layak, uji terbatas 10 Kepala Madrasah mendapatkan skor 45,2 dengan kriteria sangat layak dapat disimpulkan ISPEBAMETA sangat layak digunakan untuk mendukung pelaksanaan supervisi pembelajaran. 4) uji efektivitas penggunaan ISPEBAMETA terhadap pelaksanaan supervisi pembelajaran Kepala Madrasah menggunakan SPSS 2022 diperoleh t hitung -30.966 dan nilai Sig 2-tail 0.000 < 0.05. Dengan demikian pengembangan Instrumen Supervisi Berbasis Media Teknologi Digital (ISPEBAMETA) efektif terhadap pelaksanaan supervisi pembelajaran Kepala Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Kedung Kabupaten Jepara. Kata kunci : Instrumen Supervisi, ISPEBAMETA, Supervisi Pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pascasarjana > S2 Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 27 Feb 2025 16:48 |
Last Modified: | 27 Feb 2025 16:48 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/23130 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |