SARI, ERNI ANITA (2025) PERAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM MEMBINA KARAKTER DISIPLIN DAN TANGGUNG JAWAB SISWA MELALUI PEMBIASAAN SHALAT BERJAMAAH DI SMK PANCASILA DAN SMK DIPONEGORO SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
TESIS_ERNI ANITA SARI_12010220025.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
TESIS_ERNI ANITA SARI_12010220025.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
TESIS_ERNI ANITA SARI_12010220025.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
TESIS_ERNI ANITA SARI_12010220025.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
TESIS_ERNI ANITA SARI_12010220025.pdf Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK Erni Anita Sari, Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa Melalui Pembiasaan Shalat Berjamaah di SMK Pancasila dan SMK Diponegoro Salatiga. Tesis. Salatiga: Pascasarjana Universitas Islam Negeri Salatiga, 2024. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk menganalisis peran guru pendidikan agama Islam dalam membina karakter disiplin dan tanggung jawab siswa melalui pembiasaan shalat berjamaah di SMK Pancasila dan SMK Diponegoro Salatiga, 2) Untuk menganalisis faktor penghambat dan pendukung dalam membina karakter disiplin dan tanggung jawab siswa melalui pembiasaan shalat berjamaah di SMK Pancasila dan SMK Diponegoro Salatiga, 3) Untuk menganalisis solusi yang dilakukan dalam mengatasi hambatan untuk membina karakter disiplin dan tanggung jawab siswa melalui pembiasaan shalat berjamaah di SMK Pancasila dan SMK Diponegoro Salatiga. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, data yang dikumpulkan berasal dari wawancara, catatan lapangan, dokumen pribadi dengan pendekatan fenomenologi, tempat penelitian berlokasi di SMK Pancasila dan SMK Diponegoro Salatiga dengan subjek guru pendidikan agama Islam. Sumber datanya adalah guru Pendidikan agama Islam, kepala sekolah, waka kurikulum, waka kesiswaan di kedua sekolah dan peserta didik sebagai partisipan serta dokumen tambahan berupa foto kegiatan pembiasaan shalat berjamaah. Untuk memeriksa keabsahan data melalui tiga cara yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis datanya dengan melakukan tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian hasil analisis disampaikan melalui penyampaian data deskripstif. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) Peran guru Pendidikan agama Islam dalam membina karakter disiplin dan tanggung jawab siswa di SMK Pancasila melalui pembiasaan shalat berjamaah yaitu guru sebagai pendidik, pembina, pemimpin. Untuk SMK Diponegoro guru berperan sebagai pemberi materi, pengawas, penasehat, pendamping, teladan, pembuat kebijakan, pengontrol sekaligus evaluator, 2) Dalam membina karakter disiplin dan tanggung jawab siswa melalui pembiasaan shalat berjamaah di SMK Pancasila faktor pendukungnya adanya kesadaran siswa, sarana prasarana yang selalu berkembang, pendidik saling dukung, dan lingkungan, faktor penghambatnya yaitu kurangnya kesadaran peserta didik, sarana prasarana, cara pandang guru berbeda. Di SMK Diponegoro yang mendukung diantaranya peserta didik, teman sebaya, latar belakang keluarga, dan sarana prasarana, faktor penghambatnya yaitu sering menunda-nunda kegiatan, adanya rasa malas, pergaulan antar teman serta kurangnya disiplin, 3) Solusi dalam mengatasi hambatan di SMK Pancasila yaitu harus antre berwudhu, melakukan pembinaan berulang-ulang, dibuatkan jadwal, adanya absebsi dan sanksi serta berkoordinasi. Sementara itu solusi SMK Diponegoro guru memberikan pengarahan, bimbingan serta motivasi, melakukan pemantauan dan pendampingan, mengawasi pergaulan siswa di sekolah, serta menyatukan persepsi guru. Kata Kunci: Peran Guru, Guru PAI, Karakter Disiplin, Karakter Tanggung Jawab, Pembiasaan Shalat Berjamaah
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Divisions: | Pascasarjana > S2 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 28 Feb 2025 21:01 |
Last Modified: | 28 Feb 2025 21:01 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/23148 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |