Safriaji, (2025) Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Upaya Humas Meningkatkan Citra Positif Polres Kota Salatiga. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
SAFRIAJI (43010200073) KOMUNIKASI PENYIARAN ISLAM.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
SAFRIAJI (43010200073) KOMUNIKASI PENYIARAN ISLAM.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
SAFRIAJI (43010200073) KOMUNIKASI PENYIARAN ISLAM.pdf Download (3MB) |
Abstract
Safriaji. 2024. Pemanfaatan Media Sosia Sebagai Upaya Meningkatkan Citra Positif Polres Kota Salatiga. Tahun 2024. Skripsi, Salatiga: Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Qurrotu Ayun, M.Psi. Kata kunci: Media Sosial, Citra Positif, Polres Kota salatiga. Penelitian dalam skripsi ini bertujuan 1) untuk mengetahui pemanfaatan media sosial sebagai media komunikasi dalam meningkatkan citra positif Polres Kota Salatiga. 2) untuk mengetahui proses internal humas Polres Kota Salatiga dalam mengemas informasi yang akan dipublikasikan ke media sosial. Fokus utama penelitian ini adalah bagaimanan humas Polres Kota Salatiga memanfaatkan media sosial sebagai alat komunikasi publik dan bagaimana pengemasan informasi yang dipublikasikan untuk mencapai tujuan tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan metode yang digunakan adalah deskriptif. Lokasi penelitian adalah Polres Kota Salatiga. Pada penelitian ini peneliti menggunakan teori peran humas (Ruslan Rosady), teori media sosial dan teori citra positif. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi sedangkan untuk teknik analisis data menggunakan model miles dan huberman yaitu penyajian data, reduksi data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Humas Polres memanfaatkan berbagai platform seperti Website, Instagram, Facebook, dan TikTok untuk menjalin komunikasi yang efektif dengan masyarakat. Berdasarkan teori peran humas sebagai fasilitator komunikasi, Humas Polres Kota Salatiga berhasil membangun citra positif melalui tiga peran utama: penyampaian informasi, respons terhadap umpan balik, dan pengendalian narasi. 2) Tahap pengemasan informasi yang dilakukan yaitu perencanaan konten, pelaksanaan strategi komunikasi dan evaluasi rutin. Hal ini terbukti penting dalam menjaga konsistensi pesan dan memastikan bahwa kebutuhan serta harapan msyarakat dapat terpenuhi. Evaluasi yang dilakukan secara berkala juga membantu humas Polres Salatiga dalam menyesuaikan strategi media sosial agar tetap relevan dan efektif di tengah perkembangan tren komunikasi digital. Pengemasan informasi secara terstruktur ini memungkinkan Polres Salatiga untuk terus membangun dan menjaga citra positif, serta memastikan komunikasi yang efektif dengan masyarakat luas.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 04 Mar 2025 23:21 |
Last Modified: | 04 Mar 2025 23:21 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/23186 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |