PERAN GURU DAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK DHARMA WANITA II BOLOGARANG TAHUN AJARAN 2024/2025

Marfuah, Siti (2025) PERAN GURU DAN ORANG TUA DALAM MENGEMBANGKAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK USIA 5-6 TAHUN DI TK DHARMA WANITA II BOLOGARANG TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Dokumen dari f.pdf

Download (3MB)
[img] Text
Dokumen dari f.pdf

Download (3MB)

Abstract

Marfuah, S., 2024. Peran Guru dan Peran Orang tua Dalam Mengembangkan Sosial Emosional Anak Usia 5-6 Tahun di TK Dharma Wanita II Bologarang Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Imam Mas Arum, M.Pd. Kata Kunci: Peran Guru; Peran Orang tua; Sosial Emosional Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan: 1) peran guru dan orang tua dalam mengembangkan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita II Bologarang, 2) perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita II Bologarang, 3) faktor pendukung dan penghambat dalam mengembangkan sosial anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita II Bologarang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui proses observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa peran Peran Guru dan Orang tua dalam mengembangkan sosial emosional anak di TK Dharma Wanita II Bologarang sudah terlaksana dengan baik. Peran guru dalam mengembangkan sosial emosional anak yaitu guru memberikan pemahaman, pengawasan, contoh, dan motivasi kepada anak, selain itu guru juga memberikan kegiatan seperti senam, permainan estafet, permainan bakiak, bermain peran, bercerita, puzzle, outing class, dan juga melakukan kegiatan parenting setiap tiga bulan sekali. Sedangkan peran orang tua dalam mengembangkan sosial emosional anak yaitu orang tua berperan sebagai fasilitator dan memberikan contoh teladan yang baik bagi anak, memberikan bimbingan dan pembinaan kepada anak, mengawasi dan mengontrol tingkah laku anak. Perkembangan sosial emosional anak usia 5-6 tahun di TK Dharma Wanita II Bologarang sudah berkembang sesuai harapan (BSH) ditandai dengan adanya anak yang menunjukkan rasa percaya diri dan mandiri, menunjukkan sikap kooperatif, bisa menunjukkan sikap sopan santun dan tata krama yang baik, dan lain sebagainya. Faktor pendukung guru dan orang tua dalam mengembangkan sosial emosional anak yaitu: 1) orang tua dan guru mampu bersikap kooperatif, 2) adanya media pembelajaran yang dapat menunjang guru dalam mengembangkan aspek sosial emosional anak. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu: 1) suasana hati anak yang mudah berubah, 2) kurangnya tenaga pendidik, 3) kurangnya kasih sayang orang tua, 4) belum mampu memanagemen waktu bermain bersama anak, dan 5) orang tua dan guru mengalami kesulitan mengendalikan emosi anak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 05 Mar 2025 01:26
Last Modified: 05 Mar 2025 01:26
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/23188

Actions (login required)

View Item View Item