, Rana Rizqina Gunadi (2025) PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV MADRASAH IBTIDAIYAH KECAMATAN SIDOREJO KOTA SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
TESIS Rana Rizqina.pdf Download (2MB) |
Abstract
Gunadi, Rana Rizqina. 2024. Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Lingkungan Belajar terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga. Tesis. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Pascasarjana UIN Salatiga. Dosen Pembimbing Prof. Dr. Winarno, S.Si., M.Pd. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kecerdasan emosional dan lingkungan belajar terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV. Hal ini didasari oleh Teori Kecerdasan Emosional yang dikemukakan oleh Daniel Goleman pada tahun 1995 dan teori Lingkungan Belajar menurut Slameto pada tahun 2003. Serta masalah yang terjadi di lapangan berdasarkan hasil pra wawancara dan pra observasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional dengan desain penelitian ex post facto. Jumlah populasi pada penelitian ini sebanyak 147 siswa dengan jumlah sampel sebanyak 90 siswa dari dua Madrasah Ibtidaiyah di Kecamatan Sidorejo, yaitu MI Ma’arif Pulutan sebesar 60 siswa, dan MI Ma’arif Global Blotongan sebesar 30 siswa. Pada pengumpulan data, peneliti menggunakan teknik non tes berupa instrumen kuesioner/angket dan dokumentasi hasil belajar matematika. Untuk analisis data yang digunakan pada penelitian ini ialah analisis regresi berganda dan korelasi. Berdasarkan analisis data dan pengujian hipotesis yang telah dilakukan, maka dapat diketahui beberapa temuan penting. 1) kecerdasan emosional memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar matematika dengan nilai korelasi Pearson 0,563 yang termasuk dalam kategori hubungan sedang. Hal ini dibuktikan dengan uji t parsial yang menunjukkan thitung (6,386) > ttabel (1,661) dengan signifikansi 0,000 < 0,05, 2) lingkungan belajar memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar matematika dengan nilai korelasi Pearson 0,721 yang termasuk dalam kategori hubungan kuat, yang diperkuat oleh uji t parsial dengan thitung (9,751) > ttabel (1,661) dan signifikansi 0,000 < 0,05, 3) secara simultan kecerdasan emosional dan lingkungan belajar berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar matematika. Hal ini ditunjukkan oleh nilai fhitung (50,476) > ftabel (3,09) dengan signifikansi 0,000 < 0,05. Keterbaruan pada penelitian ini terletak pada model persamaan regresi Y = -18,397 + 0,508X₁ + 2,216X₂ yang menunjukkan lingkungan belajar memiliki pengaruh lebih dominan dalam meningkatkan hasil belajar matematika. Model ini memberikan kontribusi teoretis dalam pengembangan strategi pembelajaran matematika dengan mengintegrasikan aspek psikologis siswa dan optimalisasi lingkungan belajar, dimana kedua variabel secara bersama-sama mampu menjelaskan 53,7% variasi hasil belajar siswa. Kata Kunci: Kecerdasan Emosional; Lingkungan Belajar; Hasil Belajar Matematik
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 07 Mar 2025 03:18 |
Last Modified: | 07 Mar 2025 03:18 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/23220 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |