PENGEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI MEDIA PERMAINAN ENGKLEK HURUF DI TK MAWAR BANTENGAN KECAMATAN KARANGGEDE KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Khoirunisa, Latifah (2025) PENGEMBANGAN BAHASA ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI MEDIA PERMAINAN ENGKLEK HURUF DI TK MAWAR BANTENGAN KECAMATAN KARANGGEDE KABUPATEN BOYOLALI TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSILATIFAH..pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSILATIFAH..pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSILATIFAH..pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSILATIFAH..pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSILATIFAH..pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSILATIFAH..pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSILATIFAH..pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSILATIFAH..pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSILATIFAH..pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSILATIFAH..pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSILATIFAH..pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSILATIFAH..pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSILATIFAH..pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSILATIFAH..pdf

Download (5MB)
[img] Text
SKRIPSILATIFAH..pdf

Download (5MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini diantaranya, untuk mendeskripsikan kemampuan bahasa anak usia 4-5 tahun di TK Mawar Bantengan, untuk medeskripsikan penerapan media permainan engklek huruf untuk anak usia 4-5 tahun di TK Mawar Bantengan, dan untuk mendeskripsikan pengembangan bahasa anak usia 4-5 tahun dengan media permainan engklek huruf di TK Mawar Bantengan. Jenis penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data yaitu melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data pada penelitian ini melalui reduksi data, penyajian data, dan verifikasi/penarikan kesimpulan. Pengecekan keabsahan data penelitian diperoleh melaui triangulasi sumber dan triangulasi data. Hasil dari penelitian pengembangan bahasa anak usia 4-5 tahun di TK Mawar Bantengan diantaranya, dalam kemampuan bahasa anak mampu mengucap dan menjawab salam, menyebutkan nama dan alamatnya, berdoa sebelum dan sesudah belajar, bercerita, berdialog, memahami bunyi huruf, menulis huruf, dan membaca suku kata. Penerapan media permainan engklek huruf dimulai dengan menyusun kain flannel pada lantai, mulai huruf i sampai o dan menyiapkan gacuk huruf konsonan. Kemudian anak berbaris untuk menunggu giliran bermain, ketika melompat anak menyebutkan huruf yang diambil dan dipijaknya. Setelah itu anak mengambil playdough membentuk huruf. Pengembangan aspek bahasa dengan media permainan engklek huruf antara lain, anak mengenal kalimat perintah, anak berani bertanya, anak mengenal huruf vokal dan kosonan. Selain itu permainan ini dapat melatih kemampuan motorik halus. Kelebihan dari permainan ini dapat meningkatkan antusias anak dalam belajar mengenal huruf, warna kain beragam, media dapat dibuat sendiri. Sedangkan kekurangan dari permainan ini media mudah kotor, ketebalan kain berkurang apabila sering di cuci.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 13 Mar 2025 05:54
Last Modified: 13 Mar 2025 05:54
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/23324

Actions (login required)

View Item View Item