khasanah, Dewi nur (2025) PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTU PUZZLE BERGAMBAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN KELAS VIII SMP ISLAM AR-RAHMAH SURUH TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
SKRIPSI Dewi Nur Khasanah.pdf Download (8MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI Dewi Nur Khasanah.pdf Download (8MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI Dewi Nur Khasanah.pdf Download (8MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI Dewi Nur Khasanah.pdf Download (8MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI Dewi Nur Khasanah.pdf Download (8MB) |
Abstract
Khasanah, Dewi Nur. 2024. Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Berbantu Puzzle Bergambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pencernaan Kelas VIII SMP Islam Ar-Rahmah Suruh Tahun Pelajaran 2023/2024. Skripsi. Program Studi Tadris Ilmu Pengetauan Alam. Jurusan Guru Mata Pelajaran. Falkultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Prof. Dr Budiyono Saputro, S.Pd. M.Pd. Kata kunci: Teams Games Tournament (TGT); Puzzle Bergambar, Hasil Belajar. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan hasil belajar siswa dengan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantu puzzle bergambar pada materi sistem pencernaan kelas VIII SMP Islam Ar-Rahmah Suruh tahun pelajaran 2023/2024. (2) Mengetahui hubungan antara model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantu puzzle bergambar terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan kelas VIII SMP Ar-Rahmah Suruh tahun pelajaran 2023/2024. (3) Mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantu puzzle bergambar terhadap hasil belajar siswa pada materi sistem pencernaan kelas VIII SMP Islam Ar-Rahmah Suruh tahun pelajaran 2023/2024. Penelitian ini berjenis kuantitatif berjenis kuantitatif dengan desain penelitian menggunakan metode true eksperimental dengan analisis data dengan menggunakan teknik regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa hasil nilai kognitif siswa mengalami peningkatan setelah melakukan pembelajaran dengan model model Teams Games Tournament (TGT) berbantu puzzle bergambar. Nilai afektif siswa dari angket yang telah diberikan menunjukkan respon sangat baik dilihat dari nilai rata-rata (84,74), median (85.3) dan modus ( 89.3). Terdapat hubungan yang kuat antara model Teams Games Tournament (TGT) berbantu Puzzle bergambar terhadap hasil belajar siswa, hal ini ditunjukkan dari hasil analisis uji korelasi yang telah peneliti lakukan memperoleh hasil 0,815. Penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) berbantu puzzle bergambar memiliki pengaruh sebesar 66,4% terhadap hasil belajar siswa dan 33,6% lainnya dipengaruhi oleh faktor luar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 13 Mar 2025 19:02 |
Last Modified: | 13 Mar 2025 19:02 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/23330 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |