Fatturahman, Aldy Juliansa (2025) RESEPSI AUDIENS TERHADAP MAKNA PERJUANGAN HIDUP DALAM FILM SOUL KARYA PETE DOCTER (STUDI KASUS PADA MAHASISWA UIN SALATIGA). Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
SKRIPSI_FAKULTAS DAKWAH_ALDY JULIANSA FATTURAHMAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_FAKULTAS DAKWAH_ALDY JULIANSA FATTURAHMAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_FAKULTAS DAKWAH_ALDY JULIANSA FATTURAHMAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_FAKULTAS DAKWAH_ALDY JULIANSA FATTURAHMAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_FAKULTAS DAKWAH_ALDY JULIANSA FATTURAHMAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_FAKULTAS DAKWAH_ALDY JULIANSA FATTURAHMAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_FAKULTAS DAKWAH_ALDY JULIANSA FATTURAHMAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_FAKULTAS DAKWAH_ALDY JULIANSA FATTURAHMAN.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI_FAKULTAS DAKWAH_ALDY JULIANSA FATTURAHMAN.pdf Download (1MB) |
Abstract
Fatturahman, Aldy Juliansa. (2025). Resepsi Audiens terhadap Makna Perjuangan Hidup dalam Film Soul Karya Pete Docter (Studi Kasus pada Mahasiswa UIN Salatiga). Skripsi. Fakultas Dakwah. Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam. Unversitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Pembimbing: Muhamad Fahrudin Yusuf, M.A. Kata Kunci: Resepsi, Perjuangan Hidup, Soul, Mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui resepsi audiens terhadap makna perjuangan hidup dalam film Soul oleh mahasiswa UIN Salatiga. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasilnya menunjukkan bahwa mahasiswa sebagian besar berada dalam posisi dominant-hegemonic dan negotiated. Mereka menerima pesan moral film tentang menghargai hidup dan kebahagiaan yang berasal dari hal-hal kecil, sambil menghubungkannya dengan tekanan hidup modern yang mereka alami. Dalam posisi dominant, mahasiswa sepenuhnya menyetujui pesan film sebagaimana yang dimaksudkan oleh pembuatnya. Sementara itu, dalam posisi negotiated, mereka menyesuaikan pesan tersebut dengan pengalaman pribadi, seperti menghadapi rutinitas, tekanan karir, atau ketidakpastian hidup. Sebaliknya, posisi oppositional hampir tidak ditemukan, meskipun secara teoritis, audiens skeptis mungkin menolak pandangan film dan hanya menganggap hidup berharga jika diisi dengan pencapaian besar.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 14 Mar 2025 16:04 |
Last Modified: | 14 Mar 2025 16:04 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/23349 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |