Hubungan Dukungan Sosial Guru Dengan Student Engagement Pada SD Negeri 2 Ampel

nuliyanti, Rizki (2025) Hubungan Dukungan Sosial Guru Dengan Student Engagement Pada SD Negeri 2 Ampel. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
HUBUNGAN_ANTARA_DUKUNGAN_SOSIAL_GURU_DENGAN_(11-1[1] (Autosaved)-3.pdf

Download (3MB)
[img] Text
HUBUNGAN_ANTARA_DUKUNGAN_SOSIAL_GURU_DENGAN_(11-1[1] (Autosaved)-3.pdf

Download (3MB)
[img] Text
HUBUNGAN_ANTARA_DUKUNGAN_SOSIAL_GURU_DENGAN_(11-1[1] (Autosaved)-3.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Nuliyanti, Rizki, 2025 Hubungan Antara Dukungan Sosial Guru Dengan Student Engagement Pada Siswa SD Negeri 2 Tanduk. Skipsi Salatiga: Program Studi Psikologi Islam falkultas Dakwah Universitas Islam Negeri (UIN) Salatiga. Pembimbing: Aufa Abdillah, M.Psi. Kata Kunci: Dukungan Sosial Guru, Student Engagement. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui Gambaran student engagement pada siswa SD Negeri 2 Tanduk (2) Untuk mengetahui gambaran dukungan sosial guru di SD Negeri 2 Tanduk (3) Untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial guru dengan student engagement di SD Negeri 2 Tanduk. Penelitian inimerupakan studi kuantitatif dengan pendekatan kolerasi yang melibatkan dua variable. Subek penelitian terdiri dari 68 siswa SD Negeri 2 Tanduk. Teknik pengambilan sampel digunakan adalah probability sampling. Untuk mengumpulkan data penelitian menggunakan dua jenis skala psikologi, aitu skala dukungan social dan skala student engagement (keterlibatan siswa). Analisis data dilakukan denga menggunakan uji kolerasi Produuct Moment Karl Pearson. Temuan dalam penelitian ini memperkuat hipotesis yang diajukan oleh peneliti, yaitu adana hubungan positif antara dukungan social guru student engagement (keterlibatan siswa) di SD Negeri 2 Tanduk. Berdasarkan hasil deviasi dari linearitas sebesar 0,85. Nilai ini lebih besar dari 0,5 yang menginkasikan adanya hubungan linear antara dukungan social guru dengan student engagement. Dari penjelasan diatas menunjukkan nilai R Square sebesar 0,44, yang menunjukkan adanya koefisien antara dukungan social dan student engagemen. Derajat hubungan ini tergolong lemah, dengan korelasi pearson sebesar 0,08 atau (8%). Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik dukungan social dari guru kepada siswa, semakin tinggi pula student engagement dalam proses belajar. Dari analisis deskriptif, ditemukan bahwa kualitas dukungan social guru dan siswa sangat rendah. Beberapa karakteristik guru yang inilai oleh siswa mampu meningkatkan keterlibatan dan semangat belajar mereka antara lain adalah kemampuan guru dalam memahami potensi siswa, cara mengajar menggunakan Bahasa yang mudah dipahami, tidak memberikan tekanan saat mengajar, serta keterbukaan untuk menerima dan menjawab setiap pertanyaan siswa. Karakteristik karakteristik ini merupakan kunci dalam mendukung keterlibatan siswa dalam proses belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Mar 2025 14:32
Last Modified: 17 Mar 2025 14:32
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/23379

Actions (login required)

View Item View Item