PENGARUH PARTISIPASI KEGIATAN BACA TULIS AL-QUR’AN DAN BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA TERHADAP KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN KELAS 7 MTS AL USWAH BERGAS KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2024/2025

Chasanah, Fariz Uswatun (2025) PENGARUH PARTISIPASI KEGIATAN BACA TULIS AL-QUR’AN DAN BIMBINGAN BELAJAR ORANG TUA TERHADAP KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN KELAS 7 MTS AL USWAH BERGAS KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
1 fiks Skripsi Fariz Uswatun Chasanah NIM 23010190030 (1).pdf

Download (7MB)
[img] Text
1 fiks Skripsi Fariz Uswatun Chasanah NIM 23010190030 (1).pdf

Download (7MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui partisispasi kegiatan baca tulis Al-Qur’an di MTs Al Uswah Bergas Kabupaten Semarang, (2) bimbingan belajar orang tua di MTs Al Uswah Bergas Kabupaten Semarang, (3) kemampuan baca tulis Al-Qur’an di MTs Al Uswah Bergas Kabupaten Semarang, (4) pengaruh partisipasi siswa terhadap kemampuan baca tulis Al-Qur’an di MTs Al Uswah Bergas Kabupaten Semarang, (5) pengaruh bimbingan belajar orang tua terhadap kemampuan baca tulis Al-Qur’an, (6) pengaruh partisipasi kegiatan baca tulis Al-Qur’an dan bimbingan belajar orang tua terhadap kemampuan baca tulis Al-Quran kelas 7 MTs Al-Uswah Bergas Kabupaten Semarang tahun ajaran 2024/2025. Jenis dalam penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas 7 MTs Al Uswah Bergas Kabupaten Semarang yang berjumlah 163 siswa dengan sampel 116 siswa, diambil menggunakan simpel random sampling. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan kuisioner dan dokumentasi, menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Partisispasi kelas 7 MTs Al Uswah Bergas memiliki presentase 56% dengan kategori baik (2) Bimbingan belajar orang tua kelas 7 MTs Al Uswah Bergas memiliki presentase 59% dengan kategori baik (3) Kemampuan baca tulis Al-Qur’an kelas 7 MTs Al Uswah Bergas memiliki presentase 49% dengan kategori baik (4) Terdapat pengaruh partsisipasi siswa terhadap kemampuan baca tulis Al-Qur’an dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dengan besaran pengaruh sebesar 41,6% (5) Terdapat pengaruh bimbingan belajar orang tua terhadap kemampuan baca tulis Al-Qur’an dengan nilai signifikansi 0,022 < 0,05 dengan besaran penagruh sebesar 37,3% (6) Perhitungan hipotesisi dengan uji F nilai signifikansi 0,000 < 0,05 maka H1 diterima, terdapat pengaruh partisipasi dalam kegiatan baca tulis Al-Qur’an di sekolah dan bimbingan belajar orang tua terhadap kemampuan baca tulis Al-Qur’an kelas 7 MTs Al Uswah Bergas Kabupaten Semarang tahun ajaran 2024/2025.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Mar 2025 22:16
Last Modified: 17 Mar 2025 22:16
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/23405

Actions (login required)

View Item View Item