STIMULASI PERKEMBANGAN ANAK KELOMPOK B TK ISLAM AL-HUSNA SALATIGA DENGAN EKSTRAKURIKULER DRUMBAND TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Suprihatini, Sarni (2025) STIMULASI PERKEMBANGAN ANAK KELOMPOK B TK ISLAM AL-HUSNA SALATIGA DENGAN EKSTRAKURIKULER DRUMBAND TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SARNI SUPRIHATINI 23050200009 Revisi (1) print daftar w.pdf

Download (3MB)
[img] Text
SARNI SUPRIHATINI 23050200009 Revisi (1) print daftar w.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK Suprihatini, Sarni. 2024. Stimulasi Perkembangan Anak Kelompok B TK Islam Al-Husna dengan Ekstrakurikuler Drumband. Skripsi, Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: M. Agung Hidayatulloh, S.S., M.Pd.I. Kata Kunci: Stimulasi; Perkembangan; Ekstrakurikuler; Drumband Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses stimulasi perkembangan anak melalui kegiatan ekstrakurikuler drumband dan aspek apa saja yang terstimulasi dengan ekstrakurikuler drumband pada kelompok B TK Islam Al-Husna. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Adapun teknik yang digunakan peneliti untuk mendapatkan data yaitu dengan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Subjek dari penelitian ini yaitu anak kelompok B, pelatih drumband, guru kelompok B TK Islam Al-Husna. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Proses Stimulasi perkembangan anak kelompok B dengan ekstrakurikuler drumband yaitu prosesnya bertahap yakni sebagai berikut: taktil pelaksanaanya yaitu pada saat anak melakukan memukul pukulan dengan cara memukul paha, visual pelaksanaannya pada saat anak mengamati pelatih memberikan contoh, auditif pelaksanaannya pada saat anak mendengarkan instruksi pelatih, dan verbal pelaksanaannya pada saat anak menghafal pukulan dengan cara menghitung angka. Sementara yang ke 2) Aspek yang terstimulasi yaitu aspek perkembangan anak terstimulasi semua yaitu: aspek perkembangan nilai agama dan moral, kognitif, bahasa, sosial emosional, fisik motorik dan seni. Namun aspek yang lebih dominan terstimulasi yaitu: aspek perkembangan fisik motorik, kognitif, sosial emosional, dan seni anak.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Mar 2025 06:19
Last Modified: 18 Mar 2025 06:19
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/23411

Actions (login required)

View Item View Item