Analisis Brand Identity Akun Instagram @disbudparsala3 dalam Meningkatkan Citra Kota Salatiga sebagai Kota Toleransi

Muizz, Rafi (2025) Analisis Brand Identity Akun Instagram @disbudparsala3 dalam Meningkatkan Citra Kota Salatiga sebagai Kota Toleransi. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
Skripsi_Rafi Muizz.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Skripsi_Rafi Muizz.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Skripsi_Rafi Muizz.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Skripsi_Rafi Muizz.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Skripsi_Rafi Muizz.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Skripsi_Rafi Muizz.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Skripsi_Rafi Muizz.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Skripsi_Rafi Muizz.pdf

Download (1MB)

Abstract

Muizz, Rafi. 2025. Analisis Brand Identity Akun Instagram @disbudparsala3 dalam Meningkatkan Citra Kota Salatiga sebagai Kota Toleransi. Skripsi. Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam. Fakultas Dakwah. Universitas Islam Negeri Salatiga. 2025. Pembimbing: Suryanto M. A. Kata Kunci: Brand Identity Prism, Media Sosial, Kota Toleransi Penelitian ini menganalisis penerapan elemen-elemen dalam Brand Identity Prism untuk membangun citra Kota Toleransi Salatiga melalui akun Instagram @disbudparsala3. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini melakukan analisis isi pada unggahan dari September hingga Desember 2024, serta wawancara dengan informan yang dipilih secara purposive sampling. Data sekunder berupa publikasi resmi Disbudpar Salatiga dan artikel terkait juga digunakan untuk memperkaya analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keenam elemen dalam Brand Identity Prism (physique, personality, culture, relationship, reflection, dan self-image) telah diterapkan dalam komunikasi digital akun Instagram @disbudparsala3. Meskipun demikian, penerapan tersebut masih memiliki potensi untuk ditingkatkan secara menyeluruh. Elemen physique, personality, dan culture menjadi aspek yang paling dominan dalam membentuk citra Kota Salatiga, sementara elemen relationship, reflection, dan self-image masih belum dimanfaatkan secara optimal. Penelitian ini memberikan implikasi praktis bagi Disbudpar Salatiga dan pemerintah kota dalam memperkuat seluruh elemen Brand Identity Prism serta merancang strategi komunikasi digital yang lebih komprehensif. Meskipun keenam elemen telah diterapkan secara konsisten pada akun Instagram @disbudparsala3 dan berhasil membangun citra Salatiga sebagai Kota Toleransi, masih terdapat ruang untuk optimalisasi, terutama pada elemen relationship, reflection, dan self- image. Rekomendasi yang diajukan mencakup peningkatan interaksi dengan audiens, penguatan narasi pengalaman masyarakat terkait toleransi, serta pemanfaatan elemen self-image untuk mendorong partisipasi publik. Dengan memahami penerapan dan potensi pengembangan setiap elemen, terutama physique, personality, dan culture yang memiliki kontribusi signifikan, penelitian ini berkontribusi pada strategi branding kota berbasis media sosial yang lebih efektif, berkelanjutan, dan mampu meningkatkan daya tarik Salatiga sebagai destinasi wisata berbasis budaya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Keislaman
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 18 Mar 2025 20:28
Last Modified: 18 Mar 2025 20:28
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/23427

Actions (login required)

View Item View Item