Chaerodin, Miftah (2025) IMPLEMENTASI PROFIL PELAJAR PANCASILA DIMENSI AKHLAK MULIA DAN BERNALAR KRITIS PADA PEMBELAJARAN PAI DI SMP N 07 SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
Miftah Chaerodin 23010200040.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Miftah Chaerodin 23010200040.pdf Download (2MB) |
![]() |
Text
Miftah Chaerodin 23010200040.pdf Download (2MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dimensi Akhlak Mulia pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N 07 Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025. 2) Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dimensi Bernalar Kritis pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N 07 Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025. 3) Faktor Pendukung dan Penghambat dalam implementasi Profil Pelajar Pancasila Dimensi Akhlak Mulia pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N 07 Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025. 4) Faktor Pendukung dan Penghambat dalam implementasi Profil Pelajar Pancasila Dimensi bernalar kritis pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N 07 Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Sumber data yang digunakan meliputi data primer dan sekunder. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dari penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum, guru Pendidikan Agama Islam (PAI), siswa dan siswi SMP Negeri 7 Salatiga.Analisis data dalam penelitian ini melibatkan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk memastikan keabsahan data, dilakukan pengecekan dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik, yang bertujuan untuk mendapatkan data yang valid dan terpercaya. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Implementasi dimensi Akhlak Mulia dilakukan melalui pendekatan kurikuler, metodologis, dan ekosistem yang melibatkan guru, teman sebaya, serta keluarga. Pembelajaran PAI mengintegrasikan nilai Pancasila secara kontekstual, dengan metode pembelajaran aktif dan reflektif. Evaluasi dilakukan dengan penilaian autentik dan penghargaan untuk memantau perkembangan karakter siswa. 2) Dimensi Bernalar Kritis diimplementasikan dengan pendekatan berbasis masalah dan diskusi, yang mendorong siswa berpikir kritis. evaluasi komprehensif mendukung implementasi ini. 3) Faktor-faktor pendukung dan penghambat implementasi dimensi akhlak mulia, faktor pendukung meliputi Budaya Sekolah yang Mendukung, Keterlibatan Aktif Seluruh Pihak, Keterpaduan Program Akademik dan Non-Akademik, Dukungan Teman Sebaya dan Keluarga. Faktor penghambatnya adalah keragaman latar belakang siswa dan Kesulitan Penerapan dalam Kehidupan Sehari-hari. 4) Faktor Pendukung dan penghambat implementasi dimensi bernalar kritis, faktor pendukung yaitu kurikulum dan kebijakan pemerintah, Sumber Daya Manusia yang Kompeten, Lingkungan Belajar yang Kondusif, Pembelajaran Berbasis Pengalaman dan Diskusi, faktor penghambatny adalah Kesenjangan Pemahaman, Kebutuhan Pendekatan Pembelajaran yang Adaptif
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 18 Mar 2025 20:43 |
Last Modified: | 18 Mar 2025 20:43 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/23431 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |