Kulsum, Umi (2025) PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMA NEGERI 1 TEMANGGUNG TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
SKRIPSI UMI KULSUM 23010200020.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI UMI KULSUM 23010200020.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI UMI KULSUM 23010200020.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI UMI KULSUM 23010200020.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI UMI KULSUM 23010200020.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI UMI KULSUM 23010200020.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI UMI KULSUM 23010200020.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
SKRIPSI UMI KULSUM 23010200020.pdf Download (4MB) |
Abstract
Kulsum, Umi. 2024. Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SMA Negeri 1 temanggung Tahun Ajaran 2024/2025: Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Purnomo, M.Pd.I Kata Kunci: Pembelajaran, Berdiferensiasi Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1. Tahapan pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti; 2. Evaluasi pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti; 3. Tindak lanjut pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Data primer berupa hasil wawancara dari kepala sekolah, waka kurikulum, guru PAI dan budi pekerti, dan peserta didik. Data sekunder penelitian ini ialah modul ajar, pembagian tugas dan hasil karya siswa. Prosedur pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, serta dokumentasi. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan, sedangkan pengecekan keabsahan data menggunakn triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini menunjukkan bahwa pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran pendidikan agama islam dan budi pekerti di SMA Negeri 1 Temanggung; 1. Tahapan dilakukan dengan tahap awal yaitu merancang pembelajaran, fasilitator pembelajaran dan motivator pembelajaran, tahap pelaksanaan dilakukan dengan asesmen diagnostik, analisis kurikulum, pembelajaran berdiferensiasi (konten, proses, produk) dan tahap evaluasi dilakukan dengan hasil produk atau hasil karya diakhir pembelajaran 2.Evaluasi dilakukan dengan penilaian formatif maupun sumatif; 3. Tindak lanjut dilaksanakan dengan pelatihan guru dan peningkatan sumber daya.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 19 Mar 2025 21:07 |
Last Modified: | 19 Mar 2025 21:07 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/23462 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |