Kiswara, Bagas (2025) STRATEGI MARKETING COMMUNICATION DINAS PARIWISATA KABUPATEN SEMARANG DALAM MENINGKATKAN JUMLAH WISATAWAN DI CANDI GEDONGSONGO KABUPATEN SEMARANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
Skripsi Bagas Kiswara 43010190232 KPI.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Skripsi Bagas Kiswara 43010190232 KPI.pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
Skripsi Bagas Kiswara 43010190232 KPI.pdf Download (3MB) |
Abstract
Kiswara, Bagas. 2025. Strategi Marketing Communication Dinas Pariwisata dalam Meningkatkan Jumlah Wisatawan di Candi Gedongsongo. Tahun 2025. Skripsi, Salatiga: Program Studi Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Kata kunci: AIDDA, marketing communication, strategi, wisatawan Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis terkait strategi marketing communication yang dilakukan oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang dalam meningkatkan jumlah wisatawan di Candi Gedongsongo serta menganalisis faktor pendukung dan faktor penghambat dalam penerapan strategi marketing communication untuk meningkatkan jumlah wisatawan di Candi Gedongsongo oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menggunakan metode deskriptif guna memperoleh data yang mendalam yang mengandung makna. Penelitian kualitatif deskriptif ini dilakukan untuk mendeskripsikan fenomena-fenoma yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dinas Pariwisata menggunakan konsep dari Wilbur Schramm yaitu teori AIDDA dalam penerapan marketing communication untuk meningkatkan jumlah wisatawan. Sinergi yang tercipta antara pegawai atau staff Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang menjadi salah satu faktor yang mendukung dalam upaya Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang untuk meningkatkan jumlah wisatawan di Candi Gedongsongo. Dinas Pariwisata juga mendapat dukungan dari stakeholder industri pariwisata di Kabupaten Semarang dalam melaksanakan strateginya. Akan tetapi, keterbatasan dana yang dialokasikan untuk tujuan promosi menjadi faktor yang menghambat sehingga menghambat efektivitas dari penerapan marketing communication.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 20 Mar 2025 02:35 |
Last Modified: | 20 Mar 2025 02:35 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/23468 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |