PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI MAKHLUK HIDUP DAN PROSES KEHIDUPAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA VISUAL PADA SISWA KELAS III B MI MA’ARIF MANGUNSARI SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Luthfi, Habib Ali (2015) PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR IPA MATERI MAKHLUK HIDUP DAN PROSES KEHIDUPAN MELALUI PENGGUNAAN MEDIA VISUAL PADA SISWA KELAS III B MI MA’ARIF MANGUNSARI SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2015/2016. Other thesis, IAIN Salatiga.

[img]
Preview
Text
Habib ALi Luthfi_11511053.pdf

Download (5MB) | Preview
Official URL: http://e-repository.perpus.iainsalatiga.ac.id/

Abstract

Skripsi ini membahas peningkatan hasil belajar siswa kelas III B tentang materi Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan melalui media visual. Studi ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan: 1. Apakah penggunaan media visual pada materi Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan dapat meningkatkan prestasi belajar IPA pada siswa kelas III B MI Ma‟arif Mangunsari Salatiga Tahun Pelajaran 2015/2016? Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dengan penggunaan media visual pada pembelajaran IPA materi Makhluk Hidup dan Proses Kehidupan pada siswa kelas III B MI Ma‟arif Mangunsari Salatiga Tahun Pelajaran 2015/2016 dan memperoleh peningkatan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran IPA dengan menggunakan media visual pada siswa III B MI Ma‟arif Mangunsari Salatiga Tahun Pelajaran 2015/2016. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di MI Ma‟arif Mangunsari Salatiga Tahun Pelajaran 2015/2016 dengan subjek penelitian adalah 33 siswa kelas III B. Penelitian ini berlangsung selama tiga siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Hasil penelitian terdapat peningkatan prestasi belajar siswa dalam pembelajaran IPA didukung dengan peningkatan pengelolaan pembelajaran oleh guru dan aktivitas belajar siswa. Pengelolaan pembelajaran dengan menggunakan media Visual mengalami peningkatan dari nilai ketuntasan belajar siswa siklus I sebesar 69,69% menjadi 81,81% pada siklus II dan menjadi 90,90% pada siklus III. Untuk skor rata-rata siklus I sebesar 69,96% menjadi 81,81% pada siklus II dan menjadi 90,90% pada siklus III.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 17 Feb 2016 02:00
Last Modified: 17 Feb 2016 02:00
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/235

Actions (login required)

View Item View Item