PENGARUH FEAR OF MISSING OUT (FOMO) BERSOSIAL MEDIA TERHADAP PERILAKU PENYEBARAN BERITA HOAX DI KALANGAN MAHASISWA FAKULTAS DAKWAH UIN SALATIGA

Hamidi, Aziz (2025) PENGARUH FEAR OF MISSING OUT (FOMO) BERSOSIAL MEDIA TERHADAP PERILAKU PENYEBARAN BERITA HOAX DI KALANGAN MAHASISWA FAKULTAS DAKWAH UIN SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
SKRIPSI AZIZ HAMIDI 43010210154.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI AZIZ HAMIDI 43010210154.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI AZIZ HAMIDI 43010210154.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI AZIZ HAMIDI 43010210154.pdf

Download (4MB)
[img] Text
SKRIPSI AZIZ HAMIDI 43010210154.pdf

Download (4MB)

Abstract

Perkembangan teknologi di era ini membuat segala kegiatan komunikasi menjadi cepat dan membuat manusia seakan kecanduan akan adanya kemudahan dalam mencari informasi. Hoax menjadi salah satu tantangan dalam komunikasi digital di masa kini dan munculnya fenomena sosial berupa FOMO menambah kehawatiran akan penyebaran berita palsu atau hoax. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh FOMO bersosial media terhadap perilaku penyebaran berita hoax di kalangan mahasiswa Fakultas Dakwah UIN Salatiga. Penelitian ini merupakan dengan jenis penelitian kuantitatif kausalitas dengan metode survei. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Dakwah UIN Salatiga yang berjumlah 1662 kemudian ditentukan sampel responden dengan menggunakan teknik purposive sampling dan menghasilkan sampel sejumlah 95 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebar kuesioner dengan G-Form kepada sampel penelelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel FOMO bersosial media berpengaruh secara signifikan terhadap variabel penyebaran berita hoax pada mahasiswa Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Salatiga sebesar (<0,001) < 0,05 dan nilai thitung lebih besar dari ttabel yaitu 15,247> 1,661. Maka dapat dinyatakan bahwa H1 diterima. Berdasarkan hasil uji koefisien determinasi yang telah dilakukan, didapat niali Rsquare sebesar 0,714 yang artinya variabel FOMO bersosial media memiliki pengaruh yang signifikan terhadap variabel perilaku penyebaran berita hoax dengan persentase sebesar 71,4%. Adapun besaran persentase yang lain sebesar 28,6% disebabkan oleh variabel lain di luar penelitian.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 21 Mar 2025 04:36
Last Modified: 21 Mar 2025 04:36
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/23530

Actions (login required)

View Item View Item