Ma'sum, Muhammad (2025) INTERNALISASI PROGRAM PROFIL PELAJAR RAHMATAN LIL ALAMIN DALAM MENANAMKAN KEDISIPLINAN DAN TANGGUNG JAWAB SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DI MIN KABUPATEN SEMARANG. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
Muhammad Ma'sum Magister.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
Muhammad Ma'sum Magister.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
Muhammad Ma'sum Magister.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
Muhammad Ma'sum Magister.pdf Download (5MB) |
![]() |
Text
Muhammad Ma'sum Magister.pdf Download (5MB) |
Abstract
Ma’sum, Muhammad. 2025. Internalisasi Program Profil Pelajar Rahmatan lil alamin Dalam Menanamkan Kedisiplinan dan Tanggung Jawab Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila di Madrasah Ibtida’iyah Negeri 01, 02, dan 03 Kabupaten Semarang. Tesis, Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Dr. Oktio Frenki Biantoro, M.Pd.I Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengkaji dan menganalisis: (1) Internalisasi program profil pelajar rahmatan lil alamin dalam menanamkan karakter disiplin siswa pada mata pelajaran pendidikan pancasila di MIN Kabupaten Semarang, (2) internalisasi program profil pelajar rahmatan lil alamin dalam menanamkan karakter tanggung jawab siswa pada mata pelajaran pendidikan pancasila di MIN Kabupaten Semarang, (3) Implikasi internalisasi program profil pelajar rahmatan lil alamin dalam menanamkan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa pada mata pelajaran pendidikan pancasila di MIN Kabupaten Semarang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui observasi Partisipatif, wawancara mendalam dan dokumentasi. Tahapan analisis data pada penelitian ini yaitu Reduksi data, Penyajian data, Penarikan kesimpulan internalisasi program profil pelajar rahmatan lil alamin dalam menanamkan karakter disiplin dan tanggung jawab siswa pada mata pelajaran pendidikan pancasila di MIN Kabupaten Semarang. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode Hasil penelitian menunjukkan: (1) Internalisasi program profil pelajar rahmatan lil alamin dalam menanamkan kedisiplinan siswa pada mata pelajaran pendidikan pancasila di MIN Kabupaten Semarang dilakukan melalui pendekatan berbasis pengalaman, kolaboratif, dan proyek sosial yang mengintegrasikan nilai-nilai rahmatan lil alamin. Strategi yang digunakan mencakup pembelajaran berbasis pengalaman, integrasi nilai Rahmatan Lil Alaminn dalam kegiatan pembiasaan, dan melibatkan wali murid dalam kegiatan. Faktor utama keberhasilan program ini adalah kerja sama dari semua pihak sekolah, pelatihan guru, dan metode pembelajaran yang relevan, (2) Internalisasi program profil pelajar rahmatan lil alamin dalam menanamkan tanggung jawab siswa pada mata pelajaran pendidikan pancasila di MIN Kabupaten Semarang dilakukan melalui pendekatan yang sama, dengan strategi tambahan berupa kerja sama dalam kegiatan pembiasaan dan keterlibatan orang tua dalam proses pembelajaran. Faktor pendukung keberhasilan meliputi komitmen dan keteladanan guru, dukungan lingkungan sekolah, serta fleksibilitas kurikulum yang memungkinkan penguatan nilai-nilai karakter, (3) Implikasi internalisasi program ini adalah menanamkan kesadaran disiplin, rasa tanggung jawab, dan integrasi nilai-nilai keislaman dalam karakter disiplin dan tanggung Jawab melalui program tertentu. Kata Kunci: Karakter Disiplin, Tanggung Jawab, Pendidikan Pancasila, Pelajar Rahmatan Lil Alamin
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 21 Mar 2025 08:20 |
Last Modified: | 21 Mar 2025 08:20 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/23538 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |