Zahro, Anisa Fatimatuz (2025) DIGITAL MARKETING PADA KULINER HALAL KHAS GASTRONOMI KOTA SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
SKRIPSI LENGKAPP ZAHRA.pdf Download (9MB) |
Abstract
Zahro, Anisa Fatimatuz. 2025. Digital Marketing pada Kuliner Halal Khas Gastronomi Kota Salatiga. Tahun 2025. Skripsi, Salatiga: Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Dakwah Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Rr. Wuri Arenggoasih, M.I.Kom. Kata Kunci: Digital Marketing; Kuliner Halal; Gastronomi. Tujuan penelitian ini untuk memahami proses digital marketing dalam memperkenalkan kuliner halal khas gastronomi Kota Salatiga. Peneliti ini menggunakan analisis strategi digital marketing dengan kerangka berpikir 4C Philip Kotler yang mengaitkan regulasi sertifikasi halal sehingga membentuk respon psikologi konsumen. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi dari pelaku usaha, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Kementerian Agama, dan Komunitas Masyarakat Duta Gastronomi. Hasil penelitian menunjukkan digital marketing melalui regulasi sertifikasi halal di dukung oleh keterlibatan emosi dan budaya pada masyarakat berperan dalam memperkenalkan produk halal gastronomi lokal seperti Enting-Enting Gepuk cap Klenteng dan 2 Hoolo serta Kopi Babah Kacamata. Penerapan strategi 4C mencakup co-creation melibatkan konsumen melalui penciptaan bersama dalam promosi dan inovasi produk, currency sistem pembayaran digital melalui transfer bank dan QRIS serta penyuluhan transaksi digital. Aspek communal activation kolaborasi dengan stakeholder atau pihak swasta dalam berbagai acara promosi iklan serta sosialisasi sertifikasi halal. Aspek conversation, melalui ulasan dan saran dalam interaksi digital yang masih perlu dioptimalkan. Penerapan digital marketing membentuk respon psikologi konsumen dengan meningkatkan pemahaman, memunculkan kebanggaan produk lokal, serta masyarakat ikut merekomendasikan produk. Sehingga digital marketing didukung oleh regulasi sertifikasi halal menghasilkan pemahaman respon psikologi konsumen menjadi strategi memperkenalkan dan mempertahankan eksistensi kuliner berbasis budaya dan nilai spiritual di Kota Salatiga.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu budaya |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 21 Mar 2025 16:05 |
Last Modified: | 21 Mar 2025 16:05 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/23545 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |