IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM HUMANISTIK MELALUI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI SMP ISLAM SUDIRMAN 2 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2023/2024

, Ariany Katrin Suryaningtyas (2025) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM HUMANISTIK MELALUI PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI DI SMP ISLAM SUDIRMAN 2 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
KATRIN TESIS fix.pdf

Download (2MB)
[img] Text
KATRIN TESIS fix.pdf

Download (2MB)
[img] Text
KATRIN TESIS fix.pdf

Download (2MB)
[img] Text
KATRIN TESIS fix.pdf

Download (2MB)
[img] Text
KATRIN TESIS fix.pdf

Download (2MB)
[img] Text
KATRIN TESIS fix.pdf

Download (2MB)
[img] Text
KATRIN TESIS fix.pdf

Download (2MB)
[img] Text
KATRIN TESIS fix.pdf

Download (2MB)
[img] Text
KATRIN TESIS fix.pdf

Download (2MB)
[img] Text
KATRIN TESIS fix.pdf

Download (2MB)
[img] Text
KATRIN TESIS fix.pdf

Download (2MB)
[img] Text
KATRIN TESIS fix.pdf

Download (2MB)
[img] Text
KATRIN TESIS fix.pdf

Download (2MB)
[img] Text
KATRIN TESIS fix.pdf

Download (2MB)
[img] Text
KATRIN TESIS fix.pdf

Download (2MB)
[img] Text
KATRIN TESIS fix.pdf

Download (2MB)
[img] Text
KATRIN TESIS fix.pdf

Download (2MB)
[img] Text
KATRIN TESIS fix.pdf

Download (2MB)
[img] Text
KATRIN TESIS fix.pdf

Download (2MB)
[img] Text
KATRIN TESIS fix.pdf

Download (2MB)
[img] Text
KATRIN TESIS fix.pdf

Download (2MB)
[img] Text
KATRIN TESIS fix.pdf

Download (2MB)
[img] Text
KATRIN TESIS fix.pdf

Download (2MB)
[img] Text
KATRIN TESIS fix.pdf

Download (2MB)
[img] Text
KATRIN TESIS fix.pdf

Download (2MB)
[img] Text
KATRIN TESIS fix.pdf

Download (2MB)
[img] Text
KATRIN TESIS fix.pdf

Download (2MB)
[img] Text
KATRIN TESIS fix.pdf

Download (2MB)
[img] Text
KATRIN TESIS fix.pdf

Download (2MB)
[img] Text
KATRIN TESIS fix.pdf

Download (2MB)
[img] Text
KATRIN TESIS fix.pdf

Download (2MB)
[img] Text
KATRIN TESIS fix.pdf

Download (2MB)
[img] Text
KATRIN TESIS fix.pdf

Download (2MB)
[img] Text
KATRIN TESIS fix.pdf

Download (2MB)
[img] Text
KATRIN TESIS fix.pdf

Download (2MB)
[img] Text
KATRIN TESIS fix.pdf

Download (2MB)
[img] Text
KATRIN TESIS fix.pdf

Download (2MB)
[img] Text
KATRIN TESIS fix.pdf

Download (2MB)
[img] Text
KATRIN TESIS fix.pdf

Download (2MB)
[img] Text
KATRIN TESIS fix.pdf

Download (2MB)
[img] Text
KATRIN TESIS fix.pdf

Download (2MB)
[img] Text
KATRIN TESIS fix.pdf

Download (2MB)
[img] Text
KATRIN TESIS fix.pdf

Download (2MB)
[img] Text
KATRIN TESIS fix.pdf

Download (2MB)
[img] Text
KATRIN TESIS fix.pdf

Download (2MB)
[img] Text
KATRIN TESIS fix.pdf

Download (2MB)
[img] Text
KATRIN TESIS fix.pdf

Download (2MB)
[img] Text
KATRIN TESIS fix.pdf

Download (2MB)
[img] Text
KATRIN TESIS fix.pdf

Download (2MB)
[img] Text
KATRIN TESIS fix.pdf

Download (2MB)
[img] Text
KATRIN TESIS fix.pdf

Download (2MB)
[img] Text
KATRIN TESIS fix.pdf

Download (2MB)
[img] Text
KATRIN TESIS fix.pdf

Download (2MB)
[img] Text
KATRIN TESIS fix.pdf

Download (2MB)
[img] Text
KATRIN TESIS fix.pdf

Download (2MB)
[img] Text
KATRIN TESIS fix.pdf

Download (2MB)
[img] Text
KATRIN TESIS fix.pdf

Download (2MB)
[img] Text
KATRIN TESIS fix.pdf

Download (2MB)
[img] Text
KATRIN TESIS fix.pdf

Download (2MB)
[img] Text
KATRIN TESIS fix.pdf

Download (2MB)
[img] Text
KATRIN TESIS fix.pdf

Download (2MB)
[img] Text
KATRIN TESIS fix.pdf

Download (2MB)
[img] Text
KATRIN TESIS fix.pdf

Download (2MB)
[img] Text
KATRIN TESIS fix.pdf

Download (2MB)
[img] Text
KATRIN TESIS fix.pdf

Download (2MB)
[img] Text
KATRIN TESIS fix.pdf

Download (2MB)
[img] Text
KATRIN TESIS fix.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan Pendidikan Agama Islam Humanistik melalui pembelajaran berdiferensiasi. (2) Mengetahui faktor pendukung dan penghambat guru melalui penerapan Pendidikan Agama Islam Humanistik. (3) Mengetahui implikasi Pendidikan Agama Islam Humanistik melalui pembelajaran berdiferensiasi Metode penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini mendeskripsikan mengenai Implementasi dari Pendidikan Agama Islam Humanistik melalui pembelajaran berdiferensiasi melalui data yang diambil dari Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Dari hasil penelitian, peneliti menemukan:(1) Implementasi Pendidikan Agama Islam Humanistik melalui pembelajaran Berdiferensiasi, guru dapat secara berkesinambungan memodifikasi empat komponen yang saling terkait yaitu isi, proses, produk, dan lingkungan belajar. Modifikasi ini membantu memenuhi kebutuhan siswa dengan cara yang lebih fleksibel dan efektif.(2) Faktor pendukung yang pertama penggunaan media sosial dan aplikasi yang membantu mengembangkan minat serta bakat siswa. Kedua pertemuan Musyawarah Guru Mata Pelajaran memungkinkan guru bertukar pengalaman. Faktor penghambat pertama beberapa siswa yang tertutup dan kurang partisipasi aktif dalam pembelajaran kelompok, serta ketergantungan pada handphone. (3) Implikasi pembelajaran berdiferensiasi yang pertama membuat siswa merasa senang karena tidak hanya fokus pada buku dan dapat mengembangkan kreativitas, seperti membuat powerpoint dan poster. Kedua, respon positif dan semangat siswa menciptakan pola pembelajaran baru, mendukung program P5, dan mendorong penerapan metode tutor sebaya dalam diskusi kelompok.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 25 Mar 2025 03:53
Last Modified: 25 Mar 2025 03:53
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/23624

Actions (login required)

View Item View Item