Alwaini, Aliyah Sa'id (2025) PENINGKATAN KEMAMPUAN KOGNITIF MELALUI PERMAINAN PUZZLE JIGSAW PADA ANAK KELOMPOK B1 DI RA AL ASYHAR KESONGO TAHUN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
ALIYA SA'ID ALWAINI(23050200016) PIAUD.pdf Download (4MB) |
![]() |
Text
ALIYA SA'ID ALWAINI(23050200016) PIAUD.pdf Download (4MB) |
Abstract
Anak usia dini adalah sosok individu yang sedang menjalani suatu proses pertumbuhan dan perkembangan dengan pesat. Maka dari itu dibutuhkan kemampuan kognitif pada anak untuk memudahkan dalam menguasai pengetahuan umum yang lebih luas. Dengan adanya metode puzzle jigsaw dapat memberikan kesempatan pada anak untuk berfikir dan berimajinasi serta penuh dengan khayal yang erat hubungannya dengan perkembangan kognitif anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kemampuan kognitif siswa RA Al Asyhar Kesongo, Kecamatan Tuntang, Kabupaten Semarang menggunakan metode pembelajaran puzzle jigsaw. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan tindakan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Metode pembelajaran yang digunakan adalah metode pembelajaran puzzle jigsaw. Instrumen penelitian yang digunakan meliputi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), lembar observasi/pengamatan, dan wawancara. Aanalisis data dilakukan secara statistik dengan menggunakan rumus presentase, dan siklus dihentikan jika lebih dari atau sama dengan 50% anak didik mencapai angka sesuai presentase. Hasil penelitian menujukan bahwa penerapa metode puzzle jigsaw dapat meningkatkan kemampuan kognitif siwa kelompok B1 di RA Al Asyhar Kesongo. Pada tahapan observasi, siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Kenaikan nilai belajar siswa dari observasi ke siklus I yaitu sebesar 4% sedangkan kenaikan dari siklus I ke siklus II sebesar 8%. Kenaikan tersebut didapat dari hasil nilai belajar siswa yang dilakukan sebelum dilakukan tindakan sebesar 45% pada tahapan silus I terjadi kenaikan sebesar 49% dan pada tahapan siklus II mengalami peningkatan sebesar 57%. Presentase ketuntasan tersebut mampu mencapai batas indikator keberhasilan secara klasikal rasional yaitu 50%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode puzzle jigsaw dalam penelitian tindakan kelas berhasil dalam meningkatakn kemampuan kognitif siswa.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 17 Apr 2025 17:30 |
Last Modified: | 17 Apr 2025 17:30 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/23693 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |