Sukobakti, Gunawan (2025) IMPLEMENTASI APLIKASI ABC ALFABET PADA ANAK KELAS II MI AL HIKMAH SENDANG TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
GUNAWAN SUKOBAKTI-SKRIPSI 2025.pdf Download (5MB) |
Abstract
Sukobakti, Gunawan. 2025. Implementasi Aplikasi ABC Alfabet Pada Anak Kelas II MI Al Hikmah Sendang Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Salatiga: Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Dosen Pembimbing: Hesti Ariestina, S.Pd.I, M.Pd Penelitian ini bertujuan menganalisis implementasi aplikasi ABC Alfabet dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas II MI Al Hikmah Sendang tahun ajaran 2024/2025. Kemampan membaca berdampak pada pemahaman materi di berbagai disiplin ilmu, dengan hasil awal menunjukkan kesenjangan literasi di antara siswa. Aplikasi ABC Alfabet menawarkan metode interaktif melalui fitur Bernyanyi, Belajar, dan Bermain untuk meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa. Penelitian ini diharapkan memberikan wawasan empiris tentang efektivitas pembelajaran digital dalam mendukung literasi anak dan strategi pengajaran berbasis teknologi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus untuk menganalisis penerapan Aplikasi ABC Alfabet dalam meningkatkan kemampuan membaca permulaan siswa kelas II MI Al Hikmah Sendang tahun ajaran 2024/2025. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, dengan sumber data primer dari guru, siswa, dan hasil tes, serta data sekunder dari buku dan jurnal terkait. Analisis data mengikuti model Miles & Huberman, meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diperiksa melalui triangulasi sumber, metode, peneliti, dan teori. Hasil implementasi aplikasi ABC Alfabet menunjukkan adanya peningkatan kemampuan membaca siswa kelas II MI Al Hikmah Sendang, meskipun dengan perkembangan yang berbeda pada tiap level. Siswa pada level mahir mengalami peningkatan dalam kelancaran membaca, intonasi, serta pemahaman isi teks, sehingga mereka dapat membaca dengan lebih lancar dan memahami makna bacaan dengan lebih baik. Siswa pada level sedang menunjukkan perkembangan dalam mengenali huruf, mengeja kata lebih akurat, serta mulai membaca dengan lebih lancar meskipun masih memerlukan pendampingan dalam memahami teks yang lebih kompleks. Sementara itu, siswa pada level kurang mengalami peningkatan dalam mengenali huruf dan mengeja kata-kata pendek dengan lebih percaya diri, meskipun belum mencapai kelancaran membaca sepenuhnya. Kata Kunci: Membaca Permulaan, ABC Alfabet
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 24 Apr 2025 21:24 |
Last Modified: | 24 Apr 2025 21:24 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/23728 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |