Implementasi Kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMPIT Darul Fikri Bawen Tahun Ajaran 2024/2025

Alfina, Fuji Tahta (2025) Implementasi Kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMPIT Darul Fikri Bawen Tahun Ajaran 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
FUJI TAHTA ALFINA 23010210041 .pdf

Download (9MB)
[img] Text
FUJI TAHTA ALFINA 23010210041 .pdf

Download (9MB)
[img] Text
FUJI TAHTA ALFINA 23010210041 .pdf

Download (9MB)
[img] Text
FUJI TAHTA ALFINA 23010210041 .pdf

Download (9MB)
[img] Text
FUJI TAHTA ALFINA 23010210041 .pdf

Download (9MB)

Abstract

Alfina, Fuji Tahta. 2025. Implementasi Kurikulum Jaringan Sekolah Islam Terpadu (JSIT) dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SMPIT Darul Fikri Bawen Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi, Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Dr. Muh Hafidz, M.Ag. Kata Kunci: Implementasi Kurikulum, Jaringan Sekolah Islam Terpadu Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1. Perencanaan kurikulum jaringan sekolah Islam terpadu; 2. Pelaksanaan kurikulum jaringan sekolah Islam terpadu; 3. Evaluasi kurikulum jaringan sekolah Islam terpadu dalam pembelajaran pendidikan agama Islam di SMPIT Darul Fikri Bawen. Penelitian ini adalah jenis penelitian lapangan dengan metode kualitatif deskriptif. Prosdur pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data primer berupa hasil wawancara dari kepala sekolah, waka kurikulum, guru PAI, dan peserta didik. Data sekunder dalam penelitian ini yaitu KSP sekolah, kaldik, prota, promes, modul ajar, kriteria evaluasi guru, laporan hasil belajar, dan lisensi JSIT sekolah. Analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, sedangan pengecekan keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Berdasarkan hasil penelitian bahwa implementasi kurikulum JSIT dalam pembelajaran PAI di SMPIT Darul Fikri Bawen; 1. Perencanaan dilakukan dengan analisis kebutuhan dan identifikasi tujuan, perumusan tujuan dan menentukan kebijakan, membuat rancangan, menyusun penjadwalan, dan pembiayaan; 2. Pelaksanaan dilakukan dengan menyusun rancangan pembelajaran, mengelola kelas dan peserta didik, proses pembelajaran TERPADU, prinsip pembelajaran SIT, dan pengelolaan guru; 3. Evaluasi meliputi evalusi mekanisme SIT, evaluasi hasil belajar peserta didik, dan evalusi proses guru dalam mengajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 07 May 2025 21:20
Last Modified: 07 May 2025 21:20
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/23761

Actions (login required)

View Item View Item