Umaputri, Firsalsabila (2025) Peran Guru Laki-Laki dalam Menstimulasi Aspek Nilai Agama dan Moral pada Anak Usia Dini di RA Al-Azhar Cebongan dan TK Islam Al-Husna Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
FIRSALSABILA UMAPUTRI 23050210001 (2).pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
FIRSALSABILA UMAPUTRI 23050210001 (2).pdf Download (3MB) |
![]() |
Text
FIRSALSABILA UMAPUTRI 23050210001 (2).pdf Download (3MB) |
Abstract
Umaputri, Firsalsabila. 2025. Peran Guru Laki-Laki dalam Menstimulasi Aspek Nilai Agama dan Moral pada Anak Usia Dini di RA Al-Azhar Cebongan dan TK Islam Al-Husna Salatiga Tahun Ajaran 2024/2025. Skripsi Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing; Dr. Aprilian Ria Adisti, M.Pd Kata Kunci: Peran guru laki-laki, Stimulasi, Nilai Agama dan Moral, Anak Usia Dini Tujuan penelitian ini, yaitu: 1. Untuk mengetahui profil guru laki-laki di RA Al-Azhar Cebongan dan TK Islam Al-Husna Salatiga, 2. Untuk mengetahui peran guru laki-laki dalam menstimulasi aspek nilai agama dan moral pada anak usia dini. 3. Untuk mengetahui inovasi yang dilakukan oleh guru laki-laki dalam menstimulasi aspek nilai agama dan moral pada anak usia dini di RA Al-Azhar Cebongan dan TK Islam Al-Husna Salatiga. Penelitan ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan di RA Al-Azhar Cebongan dan TK Islam Al-Husna salatiga. Adapun sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk teknik keabsahan data menggunakan triangulasi data atau sumber. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa, 1) Profil guru laki-laki di RA Al-Azhar Cebongan dan TK Islam Al-Husna memiliki pengalaman sebagai tenaga pendidik di Taman Pembelajaran Al-Qur’an (TPQ), kemudian memenuhi kualifikasi untuk menjadi guru di lembaga tersebut. 2) Terdapat tiga peran guru laki-laki dalam menstimulasi aspek nilai agama dan moral pada anak usia dini di RA Al-Azhar Cebongan dan TK Islam Al-Husna Salatiga, yaitu: sebagai pengganti sosok ayah di sekolah, sebagai role model dalam kegiatan beribadah, sebagai role model untuk anak dalam hal pembagian peran,3) Di RA Al-Azhar Cebongan ditemukan empat inovasi yang dilakukan oleh guru laki-laki untuk menstimulasi aspek nilai agama dan moral pada anak usia dini yaitu: kegiatan sholat dhuha, kegiatan membaca asmaul husna, kegiatan cerita Islami, dan kegiatan ziarah. Sedangkan di TK Islam Al-Husna Salatiga ditemukan tiga inovasi yang dilakukan oleh guru laki-laki untuk menstimulasi aspek nilai agama dan moral pada anak usia dini, yaitu: menciptakan yel-yel kelas, pembiasaan ke toilet, dan membuat media “Dinding Salam Gembira”.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Agama > Pendidikan dan pemikiran Islam |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 15 May 2025 17:16 |
Last Modified: | 15 May 2025 17:16 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/23769 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |