EFEKTIVITAS MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP LITERASI MATEMATIS PADA MATERI SISTEM KOORDINAT KARTESIUS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 SALATIGA

SETYAWATI, YUNITA EKA (2025) EFEKTIVITAS MODEL PROJECT BASED LEARNING TERHADAP LITERASI MATEMATIS PADA MATERI SISTEM KOORDINAT KARTESIUS SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 SALATIGA. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
YUNITA EKA SETYAWATI (23070210010) TADRIS MATEMATIKA S1.pdf

Download (3MB)
[img] Text
YUNITA EKA SETYAWATI (23070210010) TADRIS MATEMATIKA S1.pdf

Download (3MB)
[img] Text
YUNITA EKA SETYAWATI (23070210010) TADRIS MATEMATIKA S1.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model Project Based Learning terhadap literasi matematis pada materi sistem koordinat kartesius siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Salatiga. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan Quasi Experiment Design dengan pendekatan Posttest Only Control Group. Populasi penelitian mencakup seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 3 Salatiga, dengan dua sampel yang dipilih menggunakan teknik Cluster Random Sampling, yaitu dari kelas VIII E sebagai kelas Eksperimen dan dari kelas VIII H sebagai kelas kontrol. Model PjBL berperan sebagai variable bebas, sementara kemampuan literasi matematis menjadi variable terikat. Instrument penelitian meliputi soal tes dan dokumentasi yang telah diuji keabsahannya melalui uji validitas, uji reliabilitas, uji tingkat kesukaran, dan uji daya pembeda. Analisis data dilakukan menggunakan Uji T-Test dengan bantuan program SPSS, mencakup uji normalitas, uji homogenitas, dan uji independent sample t-test untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji independent sample t-test menghasilkan nilai t-hitung = 7.839 dan t-tabel = 2.007, karena t-hitung > t-tabel maka H0 ditolak dan H1 diterima yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara kemampuan literasi matematis siswa yang mengikuti pembelajaran dengan model PjBL dan siswa yang menggunakan model PBL. Selain itu, rata-rata nilai literasi matematis siswa di kelas eksperimen lebih tinggi yaitu 45,37 dibandingkan dengan kelas kontrol yang memiliki rata-rata 26,22. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model PjBL efektif terhadap literasi matematis siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Salatiga pada materi sistem koordinat kartesius.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 21 May 2025 05:23
Last Modified: 21 May 2025 05:23
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/23778

Actions (login required)

View Item View Item