Mareta, Evianna Dyan (2025) EFEKTIVITAS PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATIC EDUCATION (RME) BERBANTU APLIKASI GEOGEBRA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 5 SALATIGA TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
SKIPSI EVIANNA DYAN MARETA_23070210016.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
SKIPSI EVIANNA DYAN MARETA_23070210016.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
SKIPSI EVIANNA DYAN MARETA_23070210016.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
SKIPSI EVIANNA DYAN MARETA_23070210016.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
SKIPSI EVIANNA DYAN MARETA_23070210016.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
SKIPSI EVIANNA DYAN MARETA_23070210016.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
SKIPSI EVIANNA DYAN MARETA_23070210016.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
SKIPSI EVIANNA DYAN MARETA_23070210016.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
SKIPSI EVIANNA DYAN MARETA_23070210016.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
SKIPSI EVIANNA DYAN MARETA_23070210016.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
SKIPSI EVIANNA DYAN MARETA_23070210016.pdf Download (6MB) |
Abstract
Mareta, Evianna Dyan. 2025. Efektivitas Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Berbantu Aplikasi GeoGebra Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 5 Salatiga Tahun Pelajaran 2024/2025. Skripsi, Salatiga: Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Salatiga. Pembimbing: Prof. Dr. Winarno, S.Si., M.Pd. Kata Kunci: Efektivitas; Realistic Mathematic Education (RME); GeoGebra; Hasil Belajar Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) berbantu aplikasi GeoGebra meteri persamaan garis lurus terhadap hasil belajar peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Salatiga Tahun Pelajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain penelitian Quasi Experimental Design dalam bentuk Pretest-Posttest Control Group Design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Salatiga, dengan sampel yang dipilih secara acak, yaitu kelas VIII A sebagai kelas eksperimen dengan pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) berbantuan GeoGebra dan kelas VIII D sebagai kelas kontrol dengan metode pembelajaran Think Pair Share. Instrumen yang digunakan adalah tes pretest dan posttest untuk mengukur hasil belajar siswa. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis dengan uji-t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dengan adanya uji normalitas yang menunjukkan bahwa hasil Kolmogorov Smirnov yang diperoleh nilainnya > 0,05 dan uji homogenitas dengan menggunakan uji levene’s test dengan bagian based on mean dengan nilai sig. 0,548 berarti > dari 0,05. Selain itu hal ini ditunjukkan dengan hasil uji hipotesis menggunakan uji independent t-test yang menunjukkan nilai Sig. 0,000 < 0,05 dan diperoleh nilai thitung = 4.210 sedangkan ttabel = 2,000, sehingga thitung > ttabel, jadi H0 ditolak dan H1 diterima. Dapat dilihat juga nilai rata-rata posttest kelas eksperimen lebih besar daripada kelas kontrol dengan nilai rata-rata 38,77 > 29,45, yang menunjukkan bahwa pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) berbantuan GeoGebra efektif terhadap hasil belajar siswa. Dengan demikian, pendekatan ini dapat menjadi salah satu alternatif pembelajaran matematika yang lebih interaktif dan kontekstual untuk peserta didik kelas VIII SMP Negeri 5 Salatiga Tahun Pelajaran 2024/2025.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 23 May 2025 05:45 |
Last Modified: | 23 May 2025 05:45 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/23781 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |