Hasanah, Fikra Dea Rima (2025) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL BERDASARKAN TAHAPAN KASTOLAN MATERI LINGKARAN KELAS VIII C SMP ALMAS’UDIYYAH BLATER BANDUNGAN KABUPATEN SEMARANG TAHUN AJARAN 2022/2023. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
Fikra Dea 23070160132.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Fikra Dea 23070160132.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Fikra Dea 23070160132.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Fikra Dea 23070160132.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Fikra Dea 23070160132.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Fikra Dea 23070160132.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Fikra Dea 23070160132.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Fikra Dea 23070160132.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Fikra Dea 23070160132.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Fikra Dea 23070160132.pdf Download (1MB) |
![]() |
Text
Fikra Dea 23070160132.pdf Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK FIKRA DEA REMA HASANA: Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Berdasarkan Tahapan Kastolan Materi Lingkaran Kelas VIII C SMP Almas’udiyyah Blater Bandungan Kabupaten Semarang Tahun Ajaran 2022/2023. Skripsi. Salatiga: Program Tadris Matematika, Universitas Islam Negeri Salatiga, 2023. Penelitian ini bertujuan untuk: mengetahui bentuk kesalahan siswa berdasarkan jenis kesalahan Kastolan dalam menyelesaikan soal lingkaran di SMP Almas’udiyyah Blater. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang dilakukan di SMP Almas’udiyyah Blater. Data penelitian ini diambil dari hasil tes yang dikerjakan siswa secara langsung dan juga dilakukan wawancara untuk memperkuat proses analisisnya. Dalam Kastolan terdapat 3 jenis kesalahan yang dilakukan siswa anatara lain yaitu kesalahan konseptual, kesalahan Prosedural, dan kesalahan Teknikal. Bentuk kesalahan siswa pada jenis konseptual diantaranya adalah kesalahan dalam menggunakan rumus yang sesuai dengan soal yang akan digunakan. Sedangkan kesalahan siswa pada jenis procedural ialah siswa tidak mengubah yang semula diameter menjadi jari-jari. Bentuk kesalahan yang terkahir adalah kesalahan teknikal adalah kesalahan dalam menghitung hasil akhir pada pembagian. Peneliti mengambil data sampel dari 28 siswa kelas VIII C sebanyak 7 siswa. Siswa tersebut terdiri dari 25% termasuk kategori tinggi, 50% kategori sedang dan 25% kategori rendah. Kategori tersebut diambil berdasarkan hasil nilai PAS II. Kata Kunci: Analisis, Jenis Kesalahan menurut Tahapan Kastolan, Lingkaran
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 26 May 2025 05:45 |
Last Modified: | 26 May 2025 05:45 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/23784 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |