PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA KETERAMPILAN BERBAHASA KELAS IV SD NEGERI MEDAYU 01 KAB. SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2024/2025

Azhura, Lutfiana Syarifah (2025) PENERAPAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA PADA KETERAMPILAN BERBAHASA KELAS IV SD NEGERI MEDAYU 01 KAB. SEMARANG TAHUN PELAJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.

[img] Text
LUTFIANA SYARIFAH AZHURA 23040210108.pdf

Download (3MB)
[img] Text
LUTFIANA SYARIFAH AZHURA 23040210108.pdf

Download (3MB)
[img] Text
LUTFIANA SYARIFAH AZHURA 23040210108.pdf

Download (3MB)
[img] Text
LUTFIANA SYARIFAH AZHURA 23040210108.pdf

Download (3MB)
[img] Text
LUTFIANA SYARIFAH AZHURA 23040210108.pdf

Download (3MB)
[img] Text
LUTFIANA SYARIFAH AZHURA 23040210108.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berdiferensiasi terhadap peningkatan ketercapaian kompetensi peserta didik pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas IV SD Negeri Medayu 01. Jenis penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan alat pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi, yang bersumber dari sumber data primer, yaitu Kepala Sekolah, guru kelas IV, dan peserta didik kelas IV. Ada beberapa teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu pengumpulan data, analisis data, kondensasi data, analisis data, dan kesimpulan. Pengecekkan keabsahan data dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran berdiferensiasi ini berjalan dengan baik dan maksimal. Guru telah berusaha untuk menyesuaikan dan menyediakan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan belajar peserta didik sehingga semua dapat belajar dan berkembang secara optimal. Guru tidak hanya mengandalkan asesmen sumatif di akhir pembelajaran, tetapi juga melakukan asesmen formatif dan tes diagnostik secara berkala. Peningkatan ketercapaian kompetensi peserta didik melalui pembelajaran berdiferensiasi Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada keterampilan berbahasa Fase B Kelas IV SD Negeri Medayu 01 Kab. Semarang pada tahun ajaran 2024/2025 dalam penggunaan 4 keterampilan berbahasa berjalan dengan baik dan ketercapaian kompetensi peserta didik semakin meningkat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan
Depositing User: Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id
Date Deposited: 02 Jun 2025 23:27
Last Modified: 02 Jun 2025 23:27
URI: http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/23825

Actions (login required)

View Item View Item