Nabilah, Kholqi Fitri (2025) PENGEMBANGAN ISTEMATIS (ISLAMIC-STEM APPROACH WORKSHEET IN SCIENCE) PADA POKOK BAHASAN PENCEMARAN LINGKUNG BAGI PESERTA DIDIK KELAS VII SMP ISLAM SUDIRMAN TINGKIR SALATIGA TAHUN AJARAN 2024/2025. Other thesis, IAIN SALATIGA.
![]() |
Text
KHOLQI FITRI NABILAH_23060210019_TIPA_FTIK.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
KHOLQI FITRI NABILAH_23060210019_TIPA_FTIK.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
KHOLQI FITRI NABILAH_23060210019_TIPA_FTIK.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
KHOLQI FITRI NABILAH_23060210019_TIPA_FTIK.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
KHOLQI FITRI NABILAH_23060210019_TIPA_FTIK.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
KHOLQI FITRI NABILAH_23060210019_TIPA_FTIK.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
KHOLQI FITRI NABILAH_23060210019_TIPA_FTIK.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
KHOLQI FITRI NABILAH_23060210019_TIPA_FTIK.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
KHOLQI FITRI NABILAH_23060210019_TIPA_FTIK.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
KHOLQI FITRI NABILAH_23060210019_TIPA_FTIK.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
KHOLQI FITRI NABILAH_23060210019_TIPA_FTIK.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
KHOLQI FITRI NABILAH_23060210019_TIPA_FTIK.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
KHOLQI FITRI NABILAH_23060210019_TIPA_FTIK.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
KHOLQI FITRI NABILAH_23060210019_TIPA_FTIK.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
KHOLQI FITRI NABILAH_23060210019_TIPA_FTIK.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
KHOLQI FITRI NABILAH_23060210019_TIPA_FTIK.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
KHOLQI FITRI NABILAH_23060210019_TIPA_FTIK.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
KHOLQI FITRI NABILAH_23060210019_TIPA_FTIK.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
KHOLQI FITRI NABILAH_23060210019_TIPA_FTIK.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
KHOLQI FITRI NABILAH_23060210019_TIPA_FTIK.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
KHOLQI FITRI NABILAH_23060210019_TIPA_FTIK.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
KHOLQI FITRI NABILAH_23060210019_TIPA_FTIK.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
KHOLQI FITRI NABILAH_23060210019_TIPA_FTIK.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
KHOLQI FITRI NABILAH_23060210019_TIPA_FTIK.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
KHOLQI FITRI NABILAH_23060210019_TIPA_FTIK.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
KHOLQI FITRI NABILAH_23060210019_TIPA_FTIK.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
KHOLQI FITRI NABILAH_23060210019_TIPA_FTIK.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
KHOLQI FITRI NABILAH_23060210019_TIPA_FTIK.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
KHOLQI FITRI NABILAH_23060210019_TIPA_FTIK.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
KHOLQI FITRI NABILAH_23060210019_TIPA_FTIK.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
KHOLQI FITRI NABILAH_23060210019_TIPA_FTIK.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
KHOLQI FITRI NABILAH_23060210019_TIPA_FTIK.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
KHOLQI FITRI NABILAH_23060210019_TIPA_FTIK.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
KHOLQI FITRI NABILAH_23060210019_TIPA_FTIK.pdf Download (6MB) |
![]() |
Text
KHOLQI FITRI NABILAH_23060210019_TIPA_FTIK.pdf Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini berfokus pada 1) Analisis kebutuhan; 2) Kelayakan; 3) Kepraktisan; dan 4) Karakteristik produk pengembangan media pembelajaran Istematis pada pokok bahasan pencemaran lingkungan bagi peserta didik kelas VII SMP Islam Sudirman tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan atau Research and Development (RnD) dengan model Sugiyono yang dibatasi hanya sampai tahap revisi produk sehingga tahap yang dilakukan pada penelitian ini meliputi potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi produk dan revisi produk. Potensi dan masalah dilakukan bersamaan dengan pengumpulan data yang menghasilkan dasar pengembangan media pembelajaran Istematis (Islamic-STEM Approach Worksheet in Science). Pembuatan media pembelajaran Istematis dilakukan dengan aplikasi Canva dengan beberapa aplikasi pendukung lainnya seperti Google Drive, YouTube, Medium, LiveWorksheet, Google Form. Hasil penelitian berupa kebutuhan media pembelajaran yang berpotensi memberdayakan keterampilan berpikir evaluatif peserta didik. Media pembelajaran Istematis dinyatakan sangat layak dengan rata-rata persentase penilaian ahli materi sebesar 93,98%, ahli media sebesar 86,97% dan ahli praktisi sebesar 90,62%. Berdasarkan hasil uji coba oleh peserta didik, media pembelajaran Istematis mendapatkan persentase penilaian uji coba perorangan sebesar 87,12%, uji coba kelompok kecil sebesar 89,96% dan uji coba lapangan sebesar 90,60%. Kesimpulan dari penelitian yang telah dilakukan, media pembelajaran Istematis mendapatkan kategori sangat layak dan sangat praktis serta berpotensi untuk dilanjutkan ke tahap uji efektivitas untuk mengetahui keefektifannya dalam memberdayakan keterampilan berpikir evaluatif
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Subjects: | Ilmu Ekonomi,Politik, Sosial, Budaya dan Pertahanan Negera > Ilmu Pendidikan |
Depositing User: | Unnamed user with email bimoharyosetyoko@iainsalatiga.ac.id |
Date Deposited: | 03 Jun 2025 22:08 |
Last Modified: | 03 Jun 2025 22:08 |
URI: | http://e-repository.perpus.uinsalatiga.ac.id/id/eprint/23842 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |